PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN ICE BREKER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN LAMA OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LAWE SIGALA-GALA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breker Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Lama Oleh Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Lawe Sigala-Gala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperiment two-group post-test-design dengan maksud untuk melihat pengaruh dari suatu perlakukan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis pantun lama setelah menggunakan teknik pemebeljaran Ice Braker adalah sebesar 49,12 dan kemampuan siswa tersebut dalam menulis pantun lama ini termasuk dalam kategori kurang memahami. Nilai standar devisiasi adalah sebesar 6,30. Setelah thutung diketahui yakni sebesar 23,50 selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk=N-1= 34-1=33, maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,03. jadi dengan demikian thitung>ttabel atau 23,60>2,03 maka hipotesis diterima
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v3i2.137-151
Article Metrics
Abstract view : 3463 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1937 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id