POLA PENGAJARAN KESANTUNAN BERBAHASA ANAK PADA LINGKUNGAN KELUARGA MASYARAKAT DESA KELAMBIR 5 KEBUN KECAMATAN HAMPARAN PERAK

Rusyda Nazhirah Yunus

Abstract


Dengan kesantunan yang benar dan penggunaan bahasa yang benar, dapat timbullah keharmonisan dalam pergaulan dengan lingkungan sekitar. Penanaman kesantunan berbahasa juga sangat berpengaruh positif terhadap kematangan emosi seseorang. Berbahasa yang santun seharusnya sudah menjadi suatu tradisi yang dimiliki oleh setiap orang sejak kecil, anak perlu dibina dan dididik berbahasa yang santun, karena jika dibiarkan anak bisa menjadi orang yang kasar, arogan, dan tidak punya nilai etika serta agama. Agar anak pun mengerti dan bisa menanamkan kesantunan berbahasa kepada anak sebaiknya memberikan prinsip mengerti, merasakan, dan melaksanakan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, menjelaskan data atau objek secara natural, objektif, dan faktual. Istilah deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan semata-mata hanya berdasarkan pada fakta-fakta yang ada. Kesantunan pragmatikpola  imperatif orang tua dan anak dalam pergaulan sehari hari di Desa Kelambir V Kebun diwujudkan dalam pola tuturan deklaratif dan interogatif. Wujud tuturan deklaratif yang ditemukan menyatakan makna pragmatik imperatif suruhan, ajakan, permohonan, dan larangan, selanjutnya wujud tuturan interogatif yang menyatakan makna pragmatik imperatif  perintah, persilaan dan larangan.

Keywords


Kesantunan, Bahasa, Imperatif.

Full Text:

PDF

References


Cahyono, Bambang Yudi. 2011. Kristal-kristal Ilmu Bahasa. Surabaya: Airlangga Univesity Press.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Kesuma, Jati Mastoyo, Tri. 2012. Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa. Jogjakarta:Caraswati books.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik (Edisi Keempat). Jakarta: PTGramedia Pustaka Utama.

. Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta:Rajawali Pers.

Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius. Putrayasa. Ida Bagus. 2012. Jenis Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Rahardi, R. Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

I Wayan Gede Mega, dkk. 2014. Kesantunan Imperatif Tuturan Guru untuk Memotivasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 2, Nomor 1:1-10, Universitas Pendidikan Ganesha.

Silalahi, Puspa Rinda. 2012. Analisis Kesantunan Berbahasa Siswa-Siswi di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 5 Binjai. (Online).

(http://googleweblight.com/?lite_url=http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index. php/sasindo/article/view/421&ei=ugyNH-E8&lc=id ID&s=1&m=263&host=www.google.co.id&ts=146943 3057&sig=AKOVD67BB6j1TsGbaL1dJ4Dg5lxKya6Ikw, diakses tanggal 22 November 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.208-214

Article Metrics

Abstract view : 713 times
PDF - 390 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id