CODE MIXING RAGAM LISAN OLEH GURU BAHASA INDONESIA SMA NURUL ISLAM INDONESIA BARU MEDAN

Ovy Rizki Ramadhani, Salamuddin Selian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, jenis-jenis campur kode, faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode dan dampak campur kode pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas, tepatnya di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan semua bahasa guru yang memperlihatkan terjadinya peristiwa campur kode (code mixing) dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan, kemudian melakukan klasifikasi dan kategori keseluruhan data, setelah itu data dianalisis untuk memilih bentuk campur kode (code mixing) serta faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode (code mixing), selanjutnya adalah mendeskripsikan atau memaparkan hasil penelitian untuk mengetahui bentuk campur kode (code mixing) serta faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode (code mixing) dalam penggunaan bahasa Indonesia ragam lisan oleh guru-guru di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan, kemudian, langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan atas data yang telah dianalisis.Hasil penelitian ini ditemukan adanya peristiwa campur kode. Bentuk campur kode yang terjadi berupa kata, frasa, klausa, idiom, dan perulangan kata. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya peristiwa campur kode dalam penelitian ini adalah (1) ingin menjelaskan sesuatu, (2) perubahan situasi dengan hadirnya pihak ketiga, (3) ingin menjalin keakraban antara guru dan siswa (4) keterbatasan penggunaan kode, dan (5) penggunaan istilah yang lebih populer.


Keywords


Campur Kode, Ragam Lisan Guru, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rizki. 2019. Alih Kode dan Campur Kode Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Huta V Bandar Tinggi, Simalungun: Kajian Sosiolinguistik. Tesis. Medan: UMN.

Almahdiyyah, Dila. 2017. Alih Kode Bahasa Indonesia Lisan Guru Terhadap Bahasa Ibu Dalam Pembelajaran Bahasa Indoneisa Kelas III-C Madrasah Ibtidaiyah KH. Hasyim Asyari Blimbing Malang. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT. RefikaAditama.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: RinekaCipta.

________. 2004. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chambers, J.K & Tridgill, P. 2004. Dialectology: Second edition. Chambridge: Cambridge University Press.

Darwin, dkk. 2018. Ragam Bahasa Guru Dalam Interaksi Kelas di Taman Kanak Kanak Islam Terpadu Ar-Rahmah Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI. 3(2): 143-153.

Escobar, A.M. 2008. Viewpoint from sosiolinguistics and contact linguistics on the role of dialectology in modern linguistics. Studies in Hispanic and Lusophone Linguistics. Diambil dari http://www.researchgate.net/publication/324825340.

KBBI. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta; Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

________. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maleong, J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda.

Mulyani, Siti. 2007. Linguistik Historis Komparatif. Prodi Bahasa Jawa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif danR&D). Bandung: Alfabeta.

Suwito. 2003. Sosiolinguistik. Surakarta. UNS Press.

Zulaeha, I. 2010. Dialektologi (dialektologi Geografi dan Dialek Sosial). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulakbar, Achmad. 2018. Variasi Bahasa Dalam Komunikasi Komunitas Danz Base Makassar: Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i2.335-341

Article Metrics

Abstract view : 829 times
PDF - 341 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id