PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA MELALUI METODE CIRC TERINTEGRASI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL

Nur Mei Ningsih, Asep Hardiyanto

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman mahasiswa setelah diberi treatmentpengajaran dalam bentuk metode pembelajaran Cooperative Integrated Readingand Composition (CIRC) terintegrasi media pembelajaran digital berbasis Sparkol Videoscribe. Artikel ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang melibatkan mahasiswa semester III Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kotabumi sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan siklus yang dikembangkan oleh Kemmis & McTaggart yang terdiri atas planning, action, observing, dan reflection. Setelah dilakukan tindakan selama dua siklus, hasil menunjukan bahwa ada peningkatan signifikan yang terjadi pada keterampilan membaca pemahaman mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran CIRC terintegrasi media pembelajaran digital dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi mahasiswa.


Keywords


CIRC; Media Digital; Sparkol Videoscribe; Classroom Action Research.

Full Text:

PDF

References


Acquah, F. (2011). No Titleענף הקיווי: תמונת מצב. עלון הנוטע, 66(July), 37–39.

Ashar, M. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Metode Circ Dengan Media Big Book Pada Siswa Kelas Iva Sdn Purwoyoso 03. 13(2), 138–144.

Gelar, M., Pendidikan, D., & Indonesia, B. (n.d.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CIRC , JIGSAW , DAN STAD Oleh : Murtono PROGRAM PASCASARJANA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA ( S3 ).

Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Di Sd/Mi. Auladuna, 1(1), 27–35.

Hasriyanti, & Ramadhani, A. N. C. (2019). The Influence of the Learning Model Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) on The Learning Outcomes of High School Students. Jurnal LA GEOGRAFIA, 18(1).

Irawadi, M. H., Martha, I. N., & Wendra, I. W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Karya Ilmiah di Kelas XII AP I SMK Negeri 1 Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–11.

Lindsay, M. (2015). How to Nail Your Next Presentation. UK; Sparkol Books.

Menggo, S., Katolik, U., Santu, I., & Ruteng, P. (2020).

PEMBELAJARAN BAHASA ABAD 21 Oleh Dr . Sebastianus Menggo , M . Pd . GUT , Lt . 5 , FKIP , Unika Santu Paulus Ruteng. May.

Nur, A., & Ramadhani, C. (2019). The Influence of the Learning Model Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) on The Learning Outcomes of High School Students. 18(1).

Purnama, P., Erlidawati, & Nazar, M. (2017). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Videoscribe Pada Materi Koloid Untuk Mahasiswa Program studi Pendidikan Fisika Tahun Akademik 2016 / 2017. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(3), 256–263. http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/download/4930/2087

Rafikah, I. (2019). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas III MI NW Taman Pagesangan Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 34. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1391

Rahayu, L. T. I. (2016). (0,400) Yang Lebih Besar Dari Pada R. 1(2), 188–201.

Reddy, C. (2012). No Title طرق تدريس اللغة العربية. Экономика Региона, July, 32.

Sulistiyani. (2017). Penerapan metode circ untuk meningkatkan kemampuan menulis descriptive melalui media permainan kartu jack & jacky. Langsat Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 17–22.

Tri Sutrisno, Y. A. A. (2016). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 5 N(Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya), 1.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/17213/15652

Wijayanti, P. S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Inggris Matematika Dengan Bantuan Videoscribe Melalui E-Learning. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 147–156. https://doi.org/10.30738/.v6i2.1566

Zainal, A. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.1-10

Article Metrics

Abstract view : 1082 times
PDF - 622 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id