PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN POSTCARD FROM JHON DI KELAS VII MTS.MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDIMPUAN

KHAIRUNNISAH KHAIRUNNISAH

Sari


Latar belakang penelitian ini, karena kurangnya kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris dikarenakan metode ataupun strategi yang digunakan oleh guru masih monoton dengan cara menyuruh siswa membaca teks satu persatu. Hal ini membuat siswa merasa bosan dan juga tidak mengerti apa yang sudah mereka baca. Tujuan penelitian ini memperoleh gambaran tentang seberapa besar peningkatan siswa kelas VII MTS.Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan melalui permainan Postcard  from Jhon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dimana penelitian kualitatifnya berupa observasi serta data kuantitatifnya berupa hasil tes dengan cara mendeskripsikan, menganalisa, mengevaluasi dan merefleksikan sehingga didapatkan hasil penelitian yaitu adanya peningkatan kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris, dengan perolehan nilai siswa dari rata-rata 55 menjadi 80. Kesimpulan akhir dari penelitian ini bahwa, tindakan perbaikan pembelajaran mengakibatkan kemampuan membaca teks Bahasa Inggris siswa kelas VII di MTS.Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan sangat tinggi dan menyebabkan efektifitas pembelajaran di kelas VII tersebut sangat tinggi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson. 2007. Reading Comprehension. London. Longman.

Hadfield, Jill and Charles.2008. Reading Games (Photocopiable ELT Games and Activities). London : Longman

Henry, Guntur Tarigan. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Johnson, Andrew, P. (2008). Teaching Reading and Writing. America: British Library.

Pramila Ahuja dan G.C. Ahuja. (2010). Membaca ecara Efektif dan Efisien. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Rahim, Farida.(2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara

Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Tehnik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suyatmi.(2000). Membaca I.Surakarta:UNS Press.(http://id.wikipedia.org/wiki/Kemampuan diakses tanggal 22 Desember 2017).

Yunus, Abidin. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama..


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats