PENDEKATAN WACANA KRITIK KARAKTER SASTRAWAN KOTA MEDAN MELALUI KARYA SASTRA “PUISI

Lili Herawarti Parapat, Eli Marlina Harahap

Sari


Kritik sastra merupakan studi tentang keilmuan yang berupaya memberikan & menentukan nilai hakiki suatu karya sastra dalam bentuk memberi pujian, menyatakan kesalahan, memberikan pertimbangan pemahaman deskriftif, pendefinisian, penggolongan, penguaraian atau analisis penafsiaran, dan penilain sastra secara sistematis dan terpola dengan metode tertentu. Dalam hal ini peneliti membahasa pendekatan wacana kritik karakter sastrawan (Shafwan hadi Umry) melalui karya sastra ”puisi”. Metode yang digunakan adalah analisis deskriftip kualitatif. Dalam hal ini teknik pengumpulan data yng digunakan peneliti adalah dengan wawancara langsung dengan sastrawan dan menganalisis hasil karya Umry yang salah satunya berjudul ”Do’a”.  Do’a ini merupakan ungkapan perasaan yang secara tegas di tuliskan isi tentang perjalanan dan kisah hidup, serta keyakinan. Sehabis kisah, aku tak tahu dimana tamatnya adalah kalimat pertama puisi dan Doa sampai di atas makrifat  kalimat terakhir puisi. Puisi ini bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Karena penggunaan diksi yang bagus dan isi yang jelas mudah dipahami

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Samawi dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Siswanto, Wahyudi. 2012. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Gramedia.

Sujoko. 2016. Unsur Buadaya Karakter Tokoh Dalam Novel Gajah Mada Sumpah di Manguntu Karya Langit Kresna Hariadi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Satsra Indonesia, Volume 6, No. 1, Tahun 2016.

Tindaon, Yosi Abdian. 2016. Pembelajaran Sastra Sebagai Salah Satu Wujud Implementasi Pendidikan Berkarakter. Tersedia on line.

Wellek, Rene & Austin Warren. Theory of Literature. Terjemahan Melani Budianta. Jakarta: Gramedia, 2014

Yaumi, Muhammad. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Alamat Internet:

http://kbbi.web.id/sastrawan di akses kamis, 15 Juni 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats