PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI ALIRAN EKSPRESIONISME PADA SISWA KELAS X SMK TAMANSISWA KISARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tuti Herawati

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu untuk melihat pengaruh metode Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi melalui Aliran ekspresionisme. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak ada pengaruh metode Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi aliran ekspresionisme di kelas X SMK Tamansiswa Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Tamansiswa Kisaran kelas X AK-1 sebagai kelas eksperimen dan X MB-1sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes unjuk kerja menulis puisi aliran ekspresionisme. Setelah data dikumpul kemudian dianalisis. Pengujian persyaratan anlisis data meliputi uji normalitas data dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas data dengan menggunakan uji F. Pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikasi 5% = 2,00, dan taraf signifikasi 1% = 2,65. Berdasarkan hasil data post tes diperoleh rata- rata hasil belajar menulis puisi aliran ekspresionisme dengan menggunakan metode Think Talk Wrrite adalah 48,10 dan tanpa menggunakan metode Think Talk Write (TTW) 45,75. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 3,74, dengan melihat tabel nilai t dengan taraf nyata  = 0,05 diperoleh ttabel 1,67. Harga thitung = 3,74 > ttabel 1,67 dapat disimpulakan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Metode Think Talk Write lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan metode Think Talk Write ( TTW ).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminudin. 2004. Kemampuan Menulis Puisi. Jakarta: Grasindo.

Ansari dan Yamin. 2012. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajaali Pers.

Arikunto. 2002. Hipotesis Penelitian. Jakarta: Rawamangun.

Arikunto. 2005. Teori - Teori Pembelajaran. Jakarta: Rawamangun.

Arikunto, S. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Balai Pustaka. 2005. Kamus Besar Berbahasa Indonesia. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyanti, dan Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rienaka Cipta.

Hamalik. 2008. Kemampuan Berfikir. Jakarta: Grafiti Utama.

Huinker dan Laughlin. 1996. Model Pembelajaran. Jakarta: Rawamangun.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Kasmina. Toali.Suhendra. Rianto, A. Susanti, A. Lisbintarti,D. 2011.matematika program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian, SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga

Komaidi dan Sopandi. 2010. Langkah - Langkah Menulis Puisi. Jakarta: Balai Pustaka.

Laughlin dan Arenawa. 2008. Kerangka Konseptual. Jakarta: Kencana.

Martinis, Yamin. 2008. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Mira. 2010. Kemampuan Menulis Puisi. Jakarta: Grafiti Utama.

Nurmaini. 2011. Langkah – Lngkah Think Talk Write. Jakarta: Bumi Aksar.

Ramadan, Tarmizi. 2009. Strategi belajar kuat berdua (the power of two ) dalam pembelajaran matematika (http://tarmizi.wordprees.Com/2009/02/09/ strategi-belajar-kekuatan-berdua-the–fower-of–two-dalam-pembelajaran-matematika/), Diakses 28 oktober 2015.

Soleha T.W, dkk. 208. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

St Y. Slamet. 2008. Dasar – dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Pers.

Sudjana. 2001. Metode Stilistika. Bandung: Trasito.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Kompetensi Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suprapto. 1993. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Angkasa Jaya.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi pendidikan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Tarigan, Henry Guntur. 1996. Keterampilan Menulis dan Berbahasa. Bandung: Angkasa Jaya.

Trianto. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta:Kencana prenada media group.

Waluyo, Herman J. 1991. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Waluyo, Herman J. 2005. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Waluyo , Herman. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Widowati. 2007. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahyuni, Sri & Dewi, R.S. 2014. Meningkatkan hasil belajar matematika

melalui model pembelajaran the power of two dengan bantuan maple. Jurnal mathematics paedagogic,V(1): 18


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats