PENGARUH PENGGUNAAAN TES STIFIN TERHADAP PENENTUAN MINAT DAN BAKAT SISWA SMP IT DARUL HASAN PADANGSIDIMPUAN

Nur Syaidah, Lili Nur Indah Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan terhadappenggunaan tes StifIn terhadap penentuan minat dan bakat siswa SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto, sedangkan instrumennya adalah angket. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 160 siswa dan sampel pada penelitian ini berjumlah 26 siswa. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan tes StifIn terhadap penentuan minat dan bakat siswa SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan, maka data yang diperolah diolah dan dianalisis dengan metode kuantitatif dengan menggunakan rumus Uji F. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh dari pengaruh penggunaantes StifIn terhadap penentuan minat dan bakat siswa tergolong baik, yaitu pada perhitungan uji F diperoleh bahwa thitung > ttabel3,644>3,42), maka  ditolak dan sebaliknya  diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan tes StifIn terhadap penentuan minat dan bakat siswa SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan.


Keywords


Bakat; Minat; Tes STIFIN.

Full Text:

PDF

References


Afrida Laily Sarah, Kajian Aksiologis Metode STIFIn dalam Pemetaan Mesin Kecerdasan Manusia, Jurnal Filsafat Indonesia, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018.

Akmal Mundiri dan Irma Zahra, Implementasi Metode STIFIn dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran di Rumah Quran STIFIn Al-Mawaddah Paiton Probolinggo, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 5,Nomor 2, Tahun 2017.

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif ,Surabaya: Airlangga University Press,2001.

Burhan Burkin, Analisis Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo,2003.

Fuad Ihsan. Dasar-Dasar Kependidikan , Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008

Margono, MetodePenelitian, Jakarta: PT RinekaCipta, 1997.

Masganti Sit, Perkembangan Peserta Didik, Medan: Perdana Publishing, 2010. Nasution, Metode Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito,1988.

Wardi Bachtiar, Metodologi Penelitian Dakwah, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,1997




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.91-102

Article Metrics

Abstract view : 659 times
PDF - 467 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id