DIMENSI BUDAYA CHINA DAN SUB KULTUR DALAM NOVEL AMOI GADIS YANG MENGGAPAI IMPIAN KARYA MYA YE SEBAGAI SEBUAH KEBANGKITAN IDENTITAS CHINA DI SINGKAWAN

Resti Suci Rahmadhani Ruaz

Abstract


Novel “Amoi gadis yang Menggapai Impian” ini menceritakan kehidupan masyarakat china yang ada di Singkawang khususnya menceritakan kehidupan amoi-amoi di kota Singkawang. Singkawang adalah tempat bersejarah bagi etnis Tionghoa, karena di kota itulah mereka berkembang dan mempunyai peradaban tersendiri, lengkap dengan sub kulturnya. Singkawang dengan stigma kota miskin, masyarakat yang kurang pendidikan, serta wanita-wanita penghibur, laki-laki yang ringan tangan, penjudi dan kasar. Tokoh Utama dalam cerita ini adalah Shintia Arwida, seorang penulis muda, yang juga menggeluti dunia jurnalistik. Dia seorang gadis keturunan China yang tinggal di kota Jakarta yang begitu tertarik dengan kebudayaan leluhur kedua orangtuanya. Lahir dan besar di kota, membuatnya jauh dari budaya yang seharusnya menyatu dengan kehidupannya, dan sekaligus pernah membedakannya dengan rakyat bangsa Indonesia. Akibat modernisasi, keluarga Shintia tidak lagi mengenal cerita masa lalu leluhurnya.


Keywords


Singkawang, Budaya, Kultur

Full Text:

PDF

References


Alkadrie, Jafar Fikri, GorbyFaisal Hanifa, Annisa Chantika Irawan. 2017. Dinamika Diaspora Subkultur Etnik Cina Di Kota Singkawang.

Barker, C (2005). Cultural Studies, Teori dan Praktik. Yogyakarta : Kreasi Wacana

KS, Wahyu Triono.2012. Satrio Piningit Di Negeri Tuyul. Cinta Indonesia.Jakarta

Musa, Pabali H. 2003. Sejarah Kesultanan Sambas Kalimantan, STAIN Pontianak Press ISBN : 979-97063-3-5.

Suryani, dan Ana Sabhana Azmy.2016. Politik Identitas dan Nasionalisme Kebangsaan, “Studi Atas Penguatan Politik Identitas Etnis Tionghoa Pasca Orde Baru). Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Sains) tahun anggaran 2016. Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) LP2M UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta

Wibowo, Priyatno. Tionghoa Dalam Keberagaman Indonesia: Sebuah Perspektif Historis Tentang Posisi dan Identitas. Online : https://icssis.wordpress.com/2012/05/09102012-52.pdf.

Ye, Mya. 2011. Amoi, Gadis yang Menggapai Impian. PT. Kompas Media Nusantara. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.167-178

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
jurnal.lingustik@um-tapsel.ac.id