KEARIFAN LOKAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Delia Arianti

Abstract


Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang memanfaatkan wawancara terbuka untuk menelaah dan memahami sikap, pandangan, perasaan dan prilaku individu atau kelompok orang. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah: Masyarakat kecamatan Babussalam di Kabupaten Aceh Tenggara. Yang diambil secara skala. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan  metode berikut ini: Observasi, & wawancara. Adapun  instrument penelitian adalah berupa angket wawancara & tes implikasi kearipan lokal sebagai materi bahan pembelajaran bahasa Indonesia. Analisis data reduksi. Berdasarkan simpulan penelitian bahwa implikasi kearifan terhadap pembelajaran bahasa Indonesiaadalah sebagai berikut: Menjadikan kearifan lokal sebagai bahan ajar dari budaya lokal. Mengajarkan kearifan lokal dengan menggunakan metode khusus dan tertentu.  Menggunakan strategi pembelajaran yang memacu semangat dan motivasi siswa dalam memahami makna dari kearifan lokal, serta memberikan kesan dan efek bagi diri siswa untuk berprilaku serta berbuat sesuai dengan karakter kearifan lokal. 


Keywords


kearifan lokal, implikasi pembeelajaran bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Maemunah, S. (2019). Kearifan Lokal Dalam Novel Kalompang Karya Badrul Munir Chair Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Di Sma. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 237-240.

Rahayu, C. M. (2020). BUDAYA LOKAL SUKU ALAS “PEMAMANAN”. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 166-176.

Khusniati, M. (2014). Model pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan karakter konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1).

Parapat, L. H., & Aritonang, D. R. (2019). Nilai Budaya Lokal “Pemberian Marga” Di Desa Paringgonan Dalam Prespektif Semantik Sebagai Bahan Ajar Sastra. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2), 460-469.

Parapat, L. H., & Aritonang, D. R. (2020). Nilai Kearifan Lokal Dan Upaya Pemertahanan Budaya “Marsalap Ari” Dalam Menjalin Solidaritas Antar Sesama Di Desa Paringgonan Sebagai Bahan Ajar Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(1), 25-28.

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

M. Yunus Melalatoa, Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia. Jilid A-Z. Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Lihat juga Rusmin Tumanggor, “Pemberdayaan Kearifan Lokal Memacu Kesetaraan Komunitas Adat Terpencil” dalam Jurnal. Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial. Vol.12. No.01, Januari-April 2007. h. 9-12.

Neneng Habibah. “Fungsi Saman Pada Masyarakat Pandeglang (Studi Kasus di Desa Giri Jaya Kecamatan Saketi dan Desa Batu Ranjang Kecamatan Cipeucang Kabupaten Pandeglang),” dalam Jurnal PENAMAS, Vol. XXI, No.1, Th 2008. h. 88.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, (Bandung : Alfabeta 2014)

Margono, Metode Penelitian Pendidikan. , (Jakarta : Rineka Cipta , 2014)

Sugiono. Memahami Penelitian Kualitatif,(Bandung : Alfabeta. 2010)

Sugiono, Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods), (Bandung : Alfabeta. 2013)

Margono.Metode Penelitian,( (Jakarta : Rineka Cipta , 2014)

Mahmud, Metode Penelitian Pendidkan , ( Bandung : CV Pustaka Setia 2011)

Lexy J Moleong, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2013)

S. Margono,Metode Penelitian Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.115-123

Article Metrics

Abstract view : 2430 times
PDF - 2097 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id