PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS KARYA ILMIAH DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI MAS AL-JAMIYATUL WASHLIYAH SEI KEPAYANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019-2020

Vera Darmayanto, Awani Manurung, Susy Deliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah dalam pengajaran bahasa Indonesia. Meningkatkan hasil belajar pada materi menulis karya ilmiah dalam pengajaran bahasa Indonesia.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Jamiyatul Washliyah Sei Kepayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development ( R & D ).Penelitian dengan menggunakan metode ini menggunakan validasi pakar / ahli dan siswa untuk menghasilkan produk dan keefektifan produk tersebut. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut : pertama , pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah dalam pengajaran bahasa indonesia sangat dibutuhkan dan sesuai oleh guru maupun siswa. Kedua, hasil validasi yang dilakukan oleh pakar / ahli dan siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 4,24 yang berada pada kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar individual. Ketiga , pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah dalam pengajaran bahasa Indonesia dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari sebelum proses pengembangan yang berada pada cukup dan kemudian meningkat menjadi sangat baik setelah proses pengembangan.


Keywords


Pengembangan, Bahan Ajar, Menulis Karya Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Belawati, Tian. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:Divapress

Daryanto., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2002. Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas.(2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas

Direktorat Pendidikan Menengah Umum. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. (2008).

Harjanto. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Renica Cipta.

Kurniasih, I., dan Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena

M.A,Sudjana.2002.Metode Statistika.Bandung:Tarsito

Prastowo,Andi.2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press

Solchan T. W., dkk. (2010). Pendidikan Bahasa Indonesia . Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung:CV.Alfabeta.

Suherly,dkk.2016.Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Tarigan, Jjago dkk. 2006.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-undang No.14 th 2005 tentang Guru & dosen, Penerbit Visi Media

Vembriarto, St.(1985) "Pengantar perencanaan pendidikan (educational planning) oleh St. Vembriarto".Yogyakarta:Yayasan Pendidikan Paramita.

Widodo, C. dan Jasmadi. (2008). Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT Elex Media Komputi

http://digilib.unila.ac.id/14742/4/BAB%20II.pdf

http://digilib.unila.ac.id/2179/9/BAB%20II.pdf

https://sayidbukhari.blogspot.com/2016/05/penelitian-pengembangan-research-and.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.35-42

Article Metrics

Abstract view : 232 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
jurnal.lingustik@um-tapsel.ac.id