PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS KARYA ILMIAH DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI MAS AL-JAMIYATUL WASHLIYAH SEI KEPAYANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019-2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah dalam pengajaran bahasa Indonesia. Meningkatkan hasil belajar pada materi menulis karya ilmiah dalam pengajaran bahasa Indonesia.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Jamiyatul Washliyah Sei Kepayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development ( R & D ).Penelitian dengan menggunakan metode ini menggunakan validasi pakar / ahli dan siswa untuk menghasilkan produk dan keefektifan produk tersebut. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut : pertama , pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah dalam pengajaran bahasa indonesia sangat dibutuhkan dan sesuai oleh guru maupun siswa. Kedua, hasil validasi yang dilakukan oleh pakar / ahli dan siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 4,24 yang berada pada kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar individual. Ketiga , pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah dalam pengajaran bahasa Indonesia dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari sebelum proses pengembangan yang berada pada cukup dan kemudian meningkat menjadi sangat baik setelah proses pengembangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi Prastowo. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Belawati, Tian. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:Divapress
Daryanto., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2002. Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas.(2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas
Direktorat Pendidikan Menengah Umum. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. (2008).
Harjanto. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Renica Cipta.
Kurniasih, I., dan Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena
M.A,Sudjana.2002.Metode Statistika.Bandung:Tarsito
Prastowo,Andi.2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press
Solchan T. W., dkk. (2010). Pendidikan Bahasa Indonesia . Jakarta: Universitas Terbuka
Sugiyono.2015.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung:CV.Alfabeta.
Suherly,dkk.2016.Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Tarigan, Jjago dkk. 2006.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-undang No.14 th 2005 tentang Guru & dosen, Penerbit Visi Media
Vembriarto, St.(1985) "Pengantar perencanaan pendidikan (educational planning) oleh St. Vembriarto".Yogyakarta:Yayasan Pendidikan Paramita.
Widodo, C. dan Jasmadi. (2008). Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT Elex Media Komputi
http://digilib.unila.ac.id/14742/4/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2179/9/BAB%20II.pdf
https://sayidbukhari.blogspot.com/2016/05/penelitian-pengembangan-research-and.html
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.35-42
Article Metrics
Abstract view : 1198 timesPDF - 680 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id