PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN GOOGLE CLASROOM
Abstract
Pembelajaran bahasa Inggris menggunakan google clasroom, merupakan suatu pembahasan yang perlu untuk diteliti. Metode Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah siswa SMP Swasta Muhammadiyah 15 Kutacane peneltian dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan. Menggunakan angket dan wawancara dalam mencari hasil penelitian. Menganalisis data dengan menyesuaikan dengan metode penelitian deskriftif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa efektifitas pembelajaran menngunakan google clasroom sangat kurang. Dapat dilihat dari gambaran efektifitas pencapaian nya pada kategori 45 %. Banyaknya kendala yang dihadapi siswa tentu akan mempengarugi efektifitas pembelajaran. dapat dilihat dari sebagian respon siswa yang menyampaikan bahwa proses pembelajaran kurang efektif, Ketika ada yang masih tinggal di plosok terkendala dengan jaringan. Terkendala oleh jaringan yang kurang mendukung. Tidak paham dengan materi yang disampaikan oleh pendidik. Terbebani dengan biaya paket internet yang lumayan mahal, dan Materi yang diberikan tenaga pendidik kurang dipahami, karena penyampaiannya tidak secara langsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Bahri, S. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62-70.
Sari, I. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Googleclassroom terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia.
Ramadhan, O. M., & Tarsono, T. (2020). Efektifitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui google classroom ditinjau dari hasil belajar siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 204-214.
Hanifah, W., & Putri, K. Y. S. (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikai Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 24-35
Nadziroh, F. (2017). The Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 2 (1), 1-14.
Zulaeha, Ida. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Multicultural. Semarang: Litera.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.43-49
Article Metrics
Abstract view : 882 timesPDF - 447 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id