HUBUNGAN MOTIVASI SISWA BELAJAR ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Indah Pertama Sari

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motivasi siswa belajar online terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII  Mts Swasta Pulo Kemiri Sebanyak 60 Siswa. Sedangkan Sampel penelitian diambil sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket (kuisioner) dan tes objektif hasil belajar. Dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimulkan bawha analisis data diperoleh nilai uji korelasi sebanyak -0,08 yang berada pada interval koefisien sangat rendah sedangkan koefisien determinannya sebanyak 0,74. Selanjutnya pada uji test menunjukkan pada 2,04. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, yang berarti adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa.


Keywords


motivasi belajar, belajar online

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.

Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.

Winarni, M., Anjariah, S., & Romas, M. Z. (2016). Motivasi Belajar Ditinjau Dari Dukungan Sosial Orangtua Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 2(1).

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117.

Noveandini, R., & Wulandari, M. S. (2010). Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pemantauan kegiatan belajar anak siswa/i sekolah dasar. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Puspitasari, D. B. (2013). Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1).

Rimbarizki, R., & Susilo, H. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ Plus Unesa, 6(2).

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.50-56

Article Metrics

Abstract view : 931 times
PDF - 448 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id