PERSEPSI GURU TERHADAP NILAI MORAL DALAM BERBAHASA PADA ANAK BROKEM HOME

Asmita Fitri

Abstract


Peneltian bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian persepsi guru terhadap nilai moral dalam berbahasa  pada anak brokem home Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif. Informan penelitian adalah seluruh siswa  SD Negeri Pulolatong dari anak brokem home. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Instrument penelitian ini adalah berupa angket dan teks  wawancara  Langkah-langkah analisis data adalah sebagaiberikut: Reduksi data (Data reduction), Penyajian Data (Data display), Penarikan Kesimpulan (Conclusion drawing /Verification), Pengecekan Keabsahan Data. Adapun lokasi dan waktu penelitian adalah di SD Negeri Pulolatong. Kec. Babussalam, Kab. Aceh Tenggara, Prov. Aceh. Berdasarkan hasil penelitian tentang persepsi guru terhadap nilai moral dalam berbahasa  pada anak brokem home dengan karakter Curang dan tidak jujur sebanyak 56%, kurang bertanggungjawab sebanyak 70%, tidak mau tolong menolong sebanyak  75%, tidak memiliki nilai sosial siswa sebanyak 70%, kurang memiliki etika yang baik dan benar dalam berbahasa sebanyak 60%.


Keywords


persefsi guru, nilai moral berbahasa

Full Text:

PDF

References


Amin, Samsul Munir. 2003. (Ilmu Tasawuf). Jakarta: Hamzah.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baiquni, Ahmad Nizar. 2016. Jika Salah Mengasuh Dan Mendidik Anak.

Yogyakarta: Sabil.

Daradjat, Zakiyah. 1970. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang. Daradjat, Zakiyah. 1993. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

Fatchurrohman. 2012. Kemitraan Pendidikan. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Hasan, Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta: Diva Press. Hendrowibowo. 2007. Pendidikan Moral. Uny Fip: Majalah Dinamika.

Hurlock, Elizabeth B. 1996. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Khorida & Fadillah. 2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Lestari, Sri. 2014. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchtar, Heri Jauhari. 2008. Fikih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nazir. 1985. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sadulloh, Uyoh. Pedagogik (Ilmu Mendidik). 2014. Bandung: Cv Alfabeta.

Sudarsono. 2004. Kenalakalan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudarsono & Saliman. 1994. Kamus Pendidikan, Pengajaran dan Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Kencana Penada Media Group.

Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak. 2008. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ulwan, Abdullah Nashih. 1981. Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Semarang. Asy-Syifa’.

Oktarima, D. (2017). Persepsi Guru Tentang Menurunnya Adab Sopan Santun Siswa Kepada Guru di SMP PGRI 6 Bandar Lampung.

Murdiono, M. (2008). Metode penanaman nilai moral untuk anak usia dini. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 38(2).

Misbach, I. H., & Sumintono, B. (2014). Pengembangan dan validasi instrumen “persepsi siswa tehadap karakter moral guru” di Indonesia dengan model Rasch.

Ulin, P. R., Robinson, E. T., & Tolley, E. L. (2005). Qualitative Methods in Public Health: A Field Guide for Applied Research. San Fransisco: Jossey-Bass.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87-97.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.88-93

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
jurnal.lingustik@um-tapsel.ac.id