KEMAMPUAN MENGUBAH KALIMAT LANGSUNG MENJADI TIDAK LANGSUNG DALAM WAWANCARA

Nirwana Yopi

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan kalimat langsung dan tidak langsung serta untuk melihat kemampuan mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung dalam wawancara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kutacane. Menggunakan metode deskriptif, alat pengumpul data yang digunakan adalah tes yaitu tes penguasaan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung dalam wawancara. Sampel penelitian sebanyak 51 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan dari struktur kata dan kalimat mencapai 22%. Pemakaian kalimat yang baik penulis analisis, dibatasi hanya pada penggunaan struktur kata dan struktur kalimat. Ternyata dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan siswa terhadap mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung tidak sama. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil analisis yang menunjukkan bahwa presentase penggunaan kalimat langsung yaitu 18% sedangkan presentase penggunaan kalimat tidak langsung adalah  28%.


Keywords


kalimat langsung, kalimat tidak langsung

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Ali, Muhammad. 2005. Penelitian Pendidikan dan Teknik. Bandung : Angkasa, 12005.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta : UGM. 1999.

Widjono Hs, Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi, Jakarta: Grasindo, 2007.

Nurlaili, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengubah Kalimat Langsung Menjadi Kalimat Tidak Langsung Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction (Di) Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 3(1).

Mahrus, M. I. (2016). Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat Langsung Dan kalimat Tidak Langsung Pada Tulisan Siswa Kelas IV SDN Bumiayu 04 kota Malang. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Izel, S. (2019). Kemampuan Siswa dalam Mengubah Kalimat Langsung Menjadi Kalimat Tidak Langsung di STKIP PGRI Sumatera Barat (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sumatera Barat).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.94-102

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
jurnal.lingustik@um-tapsel.ac.id