ANALISIS ASPEK LEKSIKAL DAN GRAMATIKAL PADA LIRIK LAGU “REK AYO REK” DARI JAWA TIMUR

Putri ayu Lestari, Novi ida Yanti Marbun, Siti Nurmadina, Siti Erna Simanullang, Frinawaty Lestarina Barus

Abstract


Penelitian ini dibuat untuk melihat apa saja aspek leksikal dan gramatikal pada lirik lagu “rek ayo rek” yang berasal dari Jawa Timur, penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dengan menggunaan Teknik pengumpulan data deskriptif kualitatif dan Teknik analisis data yaitu digunakan seperti: catatan temuan fenomena di lapangan, Menelaah, Mendeskripsikan data dan Membuat analisis. Terlebih dahulu kita harus dapat memahami apa itu aspek leksikal dan gramatikal. Aspek leksikal yaitu kata yang belum mengalami proses penambahan imbuhan dan kata yang belum di gabungkan dengan kata-kata yang lain. Sedangkan aspek gramatikal merupakan makna yang muncul pada kata dalam sebuah kalimat yang telah disesuaikan dengan struktur atau susunan unsur-unsur bahasa. Berdasarkan penelitian pada lagu daerah jawa timur yang berjudul Rek Ayo Rek dapat ditemukan beberapa aspek leksikal yaitu Repetisi epizeuksis, repetisi anafora, kolokasi (sanding kata), dan metonimia. Sedangkan aspek gramatikal yang ditemukan pada lagu ini yaitu Pengacuan (referensi) yang terdiri dari: Persona, demonstratif, dan komparatif, serta Penyulihan.


Keywords


Aspek leksikal; aspek gramatikal; lagu daerah.

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, E. M., Parapat, L. H., & Sari, L. (2018). HUBUNGAN PENGUASAAN GAYA BAHASA METAFORA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH PIDATO EKSTEMPORAN. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(2), 99-113.

Julisah izar, dkk. (2019). Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal pada Cerpen Ketek Ijo Karya M. Fajar Kusuma. Jurnal Ilmu Humaniora, 55-72

Miles, M. B., &Huberman, M. A. 1994. Qualitative data analysic: an expandes sourcebook (2rd ed). London: Sage Publication

Moeleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ramadani, F. (n.d.). Hakikat Makna dan Hubungan Antar Makna dalam Kajian Semantik Bahasa Arab. Jurnal pendidikan bahasa arab dan kebahasaaraban, 87-102.

Sarnia. (2015). Polisemi dalam Bahasa Muna. Jurnal Humanika , 1-16.

Setiowati, S. P. (2020). Pembentukan Karakter Anak pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya, 173-177.

Shinta Esabella,dkk. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Kumpulan Lagu Daerah Sumbawa Berbasis Android. Jurnal teknis dan sains, 1-9.

Sitti Mariati. 2018. Analisis Aspek Gramatikal dan Aspek Leksikal Puisi “Papua” Karya Frans P. Pandoni. Jurnal Kibas Cenderawasih, 201-216

Sovi Fariha Anif, dkk. (2019). Nalisis Nilai Moral Lagu Daerah Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Dongeng. Jurnal Lensa Pendas, 17-27.

Sumarlam. 2003. Analisis Wacana: Teori dan Praktik. Surakarta: Pustaka Cipta.

Sumarlam (ed). 2005. Analisis Wacana. Surakarta: UNS Press

Sutopo, HB.2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.124-132

Article Metrics

Abstract view : 2122 times
PDF - 1542 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id