PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI RUANG PUBLIK YANG TIDAK MEMENUHI BAHASA BAKU

Zulkarnain Sirait

Abstract


Penelitian ini membahas tentang masih banyaknya kesalahan penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik yang tidak memenuhi Bahasa Baku di Kota Kisaran. Dalam hal ini penulis mencoba menerapkan beberapa analisis tentang penggunaan bahasa Indonesia di Ruang Publik yang tidak memenuhi bahasa baku di Kota Kisaran dalam hal menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan bahasa Indonesia. Pemakaian bahasa dan fungsi bahasa dapat ditemukan dalam berbagai macam kegiatan, salah satunya adalah informasi pada layanan umum dan layanan niaga. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.sumber data dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa  Indonesia tentang informasi layanan umum dan layanan niaga pada spanduk, papan reklame dan baliho yang ada di Kota Kisaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik foto, baca, kutip, dan catat. Lalu dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang merupakan studi yang menggunakan teknik pengumpulan data langsung.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik dalam memberikan informasi layanan umum maupun layanan niaga masih banyak yang tidak menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan upaya dalam mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Keywords


Bahasa, ruang publik, bahasa baku

Full Text:

Pdf

References


Alwi, Hasan., dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Alwi, Hasan dan Sugono, Dendy. 2000. Politik Bahasa: Risalah Seminar Politik Bahasa. Jakarta: Pusat Bahasa.

Arifah, Nur Fita dan Isnawati Nur. 2016. Pedoman Kata Baku Dan Tidak Baku: Dilengkapi Pedoman Umum Pembentukan Istilah dan Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2005. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Reflika Aditama

Blake, Reed H., and Haroldsen, Edwin O. 2003. Taksonomi Konsep Komunikasi. Cetakan Ke-1. Terjemahan Hasan Bahanan. Surabaya: Papyrus

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta

Hakim, Lukman. 2011. Pengertian dan fungsi bahasa (Online). http://lukmannhakimm.blogspot.co.id/2011/11/-pengertian-fungsi.html. (diakses 30 Januari 2017).

Ikaputra. 2001. Menuju Aksebilitas Ruang Publik Kota Bagi Semua, Makalah Seminar Nasional “Psikologi Ruang Dalam Arsitektur dan Kota”. Magister Teknik Arsitektur. Pasca Sarjana. Semarang. Universitas Diponegoro. 15 Januari 2001

Indrawati, Sri. 2008. Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Informasi Layanan Umum dan Layanan Niaga, Sudah Benarkah?. Jakarta

Khoirunnisaa, Nuur. 2012. Analisis Faktor Sosial Dan Dimensi Sosial Pada Tindak Tutur Dalam Novel The Rainbow Troops Karya Andrea Hirata: Kajian Sosiolinguistik (Skripsi). Bandung. Universitas widyatama. (diakses 10 Februari 2017).

Lubis, A. H. H. 1991. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Lubis, Dini Aida. 2014. Analisis Relasi Makna Bahasa Iklan Dalam Media Massa. (Tesis). Medan. UMN (Tidak Diterbitkan)

Mulyana. 2005. Kajian Wacana Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana

Mustofa, Amir. 2010. Analisis Wacana Percakapan “Debat Tv One”. (Skripsi). Surakarta. UNS (Tidak Diterbitkan)

Nadar, F. X. 2009. Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rachman, Fauzi. 2013. Hakikat dan Prinsip Bahasa Indonesia (Online). https://fauzierachman20.wordpress.com/2013/10/09/hakikat-dan-prinsip-bahasa-indonesia/ (diakses 10 Februari 2017).

Rahardi, K. 2003. Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma.

Ramadhan, Aulia Agung. 2014. Perancangan Kampanye Menjaga Ruang Publik Dari Penempatan Media Luar Ruang Yang Tidak Memenuhi Peraturan Daerah. (Tugas akhir). Bandung. Universitas komputer indonesia bandung. (Tidak Diterbitkan)

Riyadi, Slamet. 2002. Media Ruang Luar Dalam Sistem Visual Publik. (Tesis). Semarang. Universitas Diponegoro (Tidak Diterbitkan)

Tamrin, Husni. 2014. "4 Pilar dan Ruang Publik" (Online). http://husni-caem.blogspot.co.id/2014_03_01_archive.html. (diakses 10 Februari 2017).

Zamzani. 2007. Kajian Sosiopragmatik. Yogyakarta: Cipta Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.1-9

Article Metrics

Abstract view : 2162 times
Pdf - 832 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
jurnal.lingustik@um-tapsel.ac.id