ALIH KODE OLEH PENYANYI INDONESIA PADA CAPTION DI INSTAGRAM

Sri Wahyuni Hasibuan, Syamsiah Depalina Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis serta mendeskripsikan jenis alih kode yang terdapat pada caption instagram artis penyanyi Indonesia. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan artis penyanyi Indonesia yang banyak menggunakan alih kode dalam caption instagramnya dan menganalisis alasan atau faktor-faktor penyebab adanya alih kode pada caption instagram milik artis tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah caption (tulisan) pada akun instagram milik artis penyanyi Indonesia (Afgan Syahreza, Duta ‘Sheila On 7’, Rossa dan Maia Estianty). Caption instagram para artis tersebut dibatasi dengan hanya mengambil caption instagram yang dibagikan ke jejaring sosial dalam kurun waktu 5 bulan terakhir dari penelitian ini dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis alih kode yang digunakan oleh penyanyi Indonesia pada caption instagramnya adalah alih kode intern dan ekstern. Faktor-faktor penyebab adanya alih kode pada caption instagram artis tersebut adalah karena keinginan untuk menyesuaikan diri dengan kode bahasa yang dikuasi oleh lawan tutur (follower instagram) dan karena adanya maksud-maksud tertentu. Penyanyi yang paling banyak menggunakan alih kode pada caption instagramnya dipengaruhi oleh usia penyanyi tersebut. Penyanyi yang paling banyak menggunakan alih kode adalah Afgan, diikuti oleh Duta, Rossa dan Maia Estianty.

 

 


Keywords


Code Switching, Instagram Caption, Indonesian Singer

Full Text:

PDF

References


Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Rahardi, K. 2001. Sosiolinguistik Kode dan Alih Kode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumarsono. 2010. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Thesa, K. 2017. Penggunaan Alih Kode dalam Percakapan Pada Jaringan Whatsapp Oleh Mahasiswa KNB yang Berkuliah di Universitas Sebelas Maret. Prasasti: Journal of Linguistics. 2(1), hlm: 89-101.

Wardhaugh, R. 2006. Language in Contact: Findings and Problems, New York Linguistics. New York: Mc. Graw Hill Books Company




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.103-114

Article Metrics

Abstract view : 370 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
jurnal.lingustik@um-tapsel.ac.id