PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KRITIK SASTRA MAHASISWA UMTS PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar kritik sastra mahasiswa Semester V UMTS Padangsidimpuan”. Sampel penelitian sebanyak 26 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes Objektif. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dengan analisis deksriptif. Berdasakan hasil penelitian Penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar kritik sastra mahasiswa terlihat bahwa nilai rata-rata keterampilan 82,5 berada pada kategori “Baik”. Dari perhitungan yang dilakukan diperoleh angka indeks korelasi sebesar 01,86 , Hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh indeks korelasi sebesar 01,86 bila dibandingkan dengan t-tabel pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n – 2 = 24-2 = 22 tidak ditemukan dalam tabel. apabila dikonsultasikan dengan harga ttabel diperoleh 1,71 maka thitung besar daripada ttabel atau 1,86 > 1,71. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis yang dirumuskan dapat diterima atau disetujui.
Kata kunci: Model pembelajaran CTL, hasil belajar, kritik sastra.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, & Mudjiono. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Hamzah, B. Uno. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. H.E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar, Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Syaiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajran. Bandung: Alfabeta.
Semi. 2002. Apresiasi Karya Sastra. Jakarta: Gramedia.
Syaiful Bahri Djamarah.2008. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v2i1.50-59
Article Metrics
Abstract view : 808 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 875 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id