EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 SIBABANGUN TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Fitri Agustina Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauhmana peningkatan Aktivitas siswa terhadap pelajaran biologi, yang diujicobakan kepada kelas VIII1 sebanyak 40 orang  siswa SMP Negeri 1 Sibabangun pada pokok bahasan Sistem pencernaan pada manusia diperoleh 24 (60%) siswa tidak mencapai nilai tuntas dan hanya 16 (40%) orang siswa yang mencapai nilai tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) di SMP Negeri 1 Sibabangun yaitu 65. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen alat penyimpulan data yang digunakan adalah tes hasil aktivitas belajar  sistem pencernaan pada manusia yang berbentuk essay test sebanyak 12 butir soal dan observasi tentang aktivitas belajar siswa. Populasi berjumlah 80 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode ceramah yaitu Kelas VIII-2 dengan jumlah masing-masing 40 orang siswa. Dari data analisis diperoleh beberapa temuan yaitu hasil tes aktivitas siswa pada materi siswa pencernaan pada manusia dengan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) (X1) dengan nilai rata-rata sebesar 75,62 sedangkan hasil tes =aktvitas siswa dalam pembelajaran metode ceramah (X2) dengan nilai rata-rata sebesar 63,75.Simpulan yang diperoleh peneliti berdasarkan hasil pengamatan observasi aktivitas siswa diperoleh 80,4% dengan menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 5,15lebih besar dari ttabel sebesar 1,99 (5,15 > 1,99) maka Ho ditolak dan Ha diterima.  Artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan kooperatif tipe think pair share (TPS) atau lebih tinggi daripada dengan metode ceramah pada materi sistem pencernaan pada manusia di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sibabangun Tahun Pelajaran 2015-2016.

 Kata Kunci    :    Model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), Aktivitas, Sistem Pencernaan Pada Manusia.


References


Alma, Bukhari, (2009). Guru Profesional. Bandung : Alfabeta

A. M. Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

________________. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Hatta, Ahmad (2009). Tafsir Qur’an. Jakarta : Maghfirah Pustaka

Hergenhahn B.R.(2009). Theoris of Learning. Jakarta : Kencana

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara

Sudjana. (2005). Metoda Statistik, Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sudjana, Nana, (2009). Penilaian Hasil Belajar Mengajar,(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2003), Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta

Syah, Muhibbin, (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada

Uno, Hamzah, B. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v2i1.38-49

Article Metrics

Abstract view : 663 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 754 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id