PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BERBAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA OBJEK LANGSUNG
Abstract
Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi berbahasa inggris melalui media objek langsung siswa kelas VIII SMP Swasta Santo Thomas-5 Lwbekung. Populasi Penelitian 37 siswa dengan sampel diambil dari keseluruhan populasi, yaitu 37 siswa. Metode penelitian dengan metode tindakan kelas (siklus). Berdasarkan hasil Penelitian diketahui bahwa Pada tindakan yang dilaksanakan pada siklus I kemampuan menulis deskripsi berbahasa Inggris para siswa berada pada posisi keriteria ‘Cukup’ karena rata-rata kelas berada pada skor 67, 29. Pada siklus 1 diperoleh persentase observasi kegiatan menulis karangan deskrifsi dengan media objek langsung adalah 45,27%. Setelah diterapkan media objek langsung pada siklus II maka terjadi peningkatan kemampuan menulis deskripsi berbahasa Inggris yang cukup menggembirakan, sehingga posisi kemampuan siswa berada pada kategori ‘Baik’ yaitu dengan nilai rata-rata 78,64. Ketuntasan belajar para siswa pada siklus I secara klasikal hanya 33,33% sedangkan pada siklus II telah mencapai ketuntasan 99,97%. Pada siklus 2 diperoleh persentase observasi kegiatan menulis karangan deskrifsi berbahasa Inggris dengan media objek langsung adalah 87,43%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. 2001.
Arikunto, Suharsimi. Penlitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara. 2006.
Atmazaki, Ilmu Sastra, Teori dan Terapan. Padang: UNP Press. 2007.
Akhadiyah, Sabarti. Evaluasi dalam Pengajaran Bahasa.Jakarta: Depdikbud. 1992.
Arsyad, Azhar, Media Kemampuan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 1996.
Damayanti Nani, Berbahasa Indonesia, Jakarta. Gramedia 2007.
Depdiknas, Kurikulum 2004 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Depdiknas. 2003.
Djiwandono,M.S. Tes Bahasa Dalam Pengajaran. Bandung: ITB. 1996.
Hadi, Sutrisno, Metode Research. Bandung : Tarsito. 1985.
Haryadi, Zamzami, Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud. 1996.
Keraf,Gorys. Komposisi.Jakarta: Nusa Indah. 1995.
Madya,Swarsih. Teori dan Praktik Penelitian Tindaklan.Bandung:Alfabeta. 2006.
Mulyati,Yeti,dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di KelasTinggi. Jakarta: Universitas Terbuka. 2000.
Nasution, Malik, A. MGMP Bahasa Indonesia. Medan 2007.
Nurhadi,dkk. Kemampuan Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Umpres. 2004.
Rahman, Abdul, dan Ratna, Evaluasi Kemampuan Bahasa dan Sastra Indonesia, Malang. 2003.
Sartinah, Hardjono, Prinsip-Prinsip Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: P2LPTK, Depdikbud. 1988.
Suyatno. Media Kemampuan Bahasa dan Sastra. Surabaya : Penerbit SIC. 2004.
Suryanto, alex Berbahasa indonesia, Jakarta. Gramedia 2007.
Semi,M.Atar. Menulis Efektif. Padang: Offset. 2003.
Tarigan, H.G. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: P2LPTK Depdikbud. 1989.
Wiyanto, Asul. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo. 2004.
Widyamartaya.A. Seni Menggayakan Kalimat. Yogyakarta: Kanisius 1991.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i2.334-349
Article Metrics
Abstract view : 287 timesPDF - 261 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id