PERSEPSI SISWA SMA SEDERAJAT TERHADAP IMPLEMENTASI K-2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Syamsiyah Depalina Siregar, Abdul Rahman Siagian, Rahmad Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap Bahasa Inggris melalui implementasi K-2013. Seperti diketahui bahwa di kurikulum ini, pembelajaran bahasa Inggris dirujuk dengan genre based text. Bahasa Inggris diajarkan dengan menggunakan text yang ada unsur kearifan lokalnya.Apakah hal tersebut sudah bisa dipahami siswa?Apakah dengan pengaplikasian scientific approach dapat membantu atau mempermudah siswa dalam memahami mata pelajaran bahasa Inggris.Hal inilah menjadi dasar pemikiran untuk melakukan penelitian. Bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasonal sudah menjadi indicator bagi seseorang untuk memperoleh jenis peke ,lrjaan yang akan diperolehnya. Bahasa Inggris sebagai jembatan penghubung bagi orang yang akan meraih kesuksesan dengan cepat. Pastinya tanpa melupakan nilai kebudayaan Negara sendiri.Seorang guru haruslah sudah menguasai kurikulum yang akan menjadi panduan dalam melaksanakan pembelajaran didalam kelas. Guru merupakan alat pentransfer informasi yang diharapkan oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sipirok, sample yang dipilih adalah seklah SMA Negeri 1 Sipirok.Hasil dari penelitian ini adalah tidak semua siswa SMA memahami dan mengetahui tentang K 2013.


Keywords


persepsi siswa, K 2013, scientific approach

Full Text:

PDF

References


Agus wibowo. (2012) Pendidikan karakter.yogyakarta: pustaka pelajar.

Ary, Donald dkk. 1992. Introduction to Research in Education, terj. AriefFurchan, Surabaya. Usaha Nasional.

Kemdikbud.(2013). Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud.(2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA/SMK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marsh, Colin J. (2009). Key Concepts for Understanding Curriculum (Fourth ed.). Abingdon: Routledg

Nuh, Mohammad. (2013). Tiga Kebijakan untuk Dunia Pendidikan.Dikbud,

Oliva, Peter F. 1992. Developing the Curriculum. New York: Harper Collins Publisher. Richards, Jack C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulumdan Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada

Mudlofir.2012. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan PendidikanDan Bahan Ajar Dalam Pendidikan.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E, 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i2.177-185

Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
jurnal.lingustik@um-tapsel.ac.id