KATA SERAPAN YANG TERDAPAT PADA POSTER DI BALAI LATIHAN KERJA PADANG

Rikhe Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penggunaan kata-kata serapan yang terdapat pada poster di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kata-kata serapan yang terdapat pada poster-poster yang ada di lingkungan BLK Padang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode simak yang dilanjutkan dengan teknik rekam dan teknik catat digunakan untuk mengumpulkan data. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode padan intralingual yaitu dengan menghubung bandingkan antara data yang ditemukan dengan kosakata yang terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Hasil analisis data disajikan dengan metode formal dan metode informal (Sudaryanto, 2015). Metode formal melibatkan tabel dan simbol untuk menjelaskan analisis, sedangkan metode informal menggunakan penjelasan deskriptif dalam bentuk kata-kata. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa pada poster-poster di BLK Padang terdapat dua jenis kata serapan yang digunakan yaitu kata serapan dari bahasa Inggris dan kata serapan dari bahasa Betawi. Kata serapan tersebut merupakan upaya dari manajemen BLK Padang untuk meminimalisir hambatan komunikasi yang diakibatkan oleh perbedaan kelompok sosial antara jajaran manajemen BLK Padang dengan para siswa pelatihan BLK Padang. Selain itu juga untuk menciptakan suasana yang akrab dan hangat, sehingga para siswa merasa nyaman selama mengikuti rangkaian pelatihan di BLK Padang.


Keywords


poster, serapan, BLK

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. 2009. Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Presindo.

Arifin. 2017. Analisis Penggunaan Unsur Serapan pada Berita Utama Harian Fajar. Dalam Prosiding Seminar Nasional II “Permartabatan Bahasa Indonesia Melalui Budaya Lit-erasi dan Optimalisasi Ipteks” Progdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Uni-versitas PGRI Semarang.

Arika, Merdu. 2018. Perubahan Kata Serapan Bahasa Aceh dari Bahasa Arab dalam Tafsir Mahjiddin Jusuf (Kajian Fonologi). Tesis. UIN Sunan Kalijaga.

Chaer, Abdul. 2004. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hendrastuti, Retno. 2015. Variasi Penggunaan Bahasa pada Ruang Publik di Kota Surakarta. Dalam Jurnal Kandai Volume 11 Nomor 1 Mei 2015, hal 29 – 43.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Diakses Agustus 2020.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Baha-sa, dan Lambang Negara. Jakarta: Sekretariat Negara.

Putra, Dony Suryodi, dkk. 2015. Kata Serapan pada Kolom Iki Lho di Harian Joglosemar (Pola dan Latar Belakang Penggunaan). Dalam BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Volume 3 Nomor 3 Agustus 2015.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Darma Universi-ty Press.

Wijiasih, Nurul. 2016. Penggunaan Kata Gaul pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i1.151-158

Article Metrics

Abstract view : 575 times
PDF - 597 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id