MAKNA IDIOM YANG DIGUNAKAN DALAM KOLOM OPINI KORAN KOMPAS

Jumaidah Assurahmi Fitri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang makna idiom yang digunakan pada kolom opini di surat kabar Kompas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna idiom yang terdapat pada kolom opini pada koran Ko mpas. Dalam penelitian ini, teori yang dikemukakan oleh Keraf digunakan untuk mendeskripsikan makna idiom yang digunakan pada kolom opini publik surat kabar Kompas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yang dikemukakan oleh Sudaryanto yaitu 1) metode dan teknik penyediaan data, 2) metode dan teknik analisis data, dan 3) metode dan teknik penyajian hasil analisis data. Dalam penyediaan data, metode yang digunakan adalah metode simak. Teknik dasarnya adalah teknik sadap. Teknik lanjutannya adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), dan teknik catat. Untuk analisis data, digunakan metode padan dan metode agih. Metode padan yang digunakan adalah metode padan referensial. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu (PUP). Teknik lanjutannya adalah teknik hubung banding membedakan (HBB). Untuk metode agih, teknik dasar yang digunakan adalah teknik bagi unsur langsung (BUL). Berdasarkan analisis data yang dilakukan, idiom memiliki makna yang berbeda dari unsur kata pembentuknya.


Keywords


idiom, kompas, makna

Full Text:

PDF

References


Adventia, Monica”Kompas Raih Penghargaan IPMA 2015” dalam harian Kompas. 8 Februari 2015.

Antaranews.com. 2012. ”Dewan Pers Nobatkan 10 terbaik” http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.Antaranews.com. Diakses pada 26 Maret 2018 pukul 19:24.WIB.

Chaer, Abdul. 1986. Kamus Idiom Bahasa Indonesia. Ende –flores: Nusa Indah.

Chulsum, Ummu dan Windy Novia. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya : Kasiko.

Haiyan, Huang, I Dewa Putu Wijana, Tatang Hariri. 2016. “A Comparison of the Origin of Idioms in Mandarin and Indonesian”. dalam Jurnal Humaniora; Volume 28, Nomor 2, Juni 2016.

Keraf, Gorys. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Paramarta, Bagus Pragnya. 2018. “Analisis Korpus terhadap Idiom Bahasa Indonesia yang Berbasis Nama Binatang” dalam jurnal Lingua; Volume XIV, Nomor 1, Januari 2018.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Witono. Penggunaan Idiom pada Novel Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi Sarjana S1. Lampung. Univeritas Lampung. http://digilib.unila.ac.id//1469/2/ABSTRAK.pdf. Diakses pada tanggal 24 Februari 2018 pukul 10.20 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i1.114-120

Article Metrics

Abstract view : 722 times
PDF - 680 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id