KESALAHAN BERBAHASA PADA PETUNJUK LALU LINTAS DI KOTA MEDAN

M. Hanafiah Lubis

Abstract


Permasalahan dalam bidang kebahasaan sampai saat ini memang belum bisa dikatakan selesai. Hal ini ditunjukkan dari semakin banyaknya kasus-kasus kesalahan berbahasa yang ditemukan dalam proses berbahasa kita. Salah satu bentuk kesalahan berbahasa yang ditemukan belakangan ini ialah kesalahan yang terdapat pada petunjuk lalu lintas yang ada di Kota Medan. Bentuk-bentuk kesalahan yang ditemukan itu pun bukan hanya satu saja, melainkan beragam jenis, mulai dari kesalahan penggunaan huruf  kapital, penulisan kata depan yang ditulis layaknya sebuah awalan, penggunaan kosakata yang tidak baku, pemilihan kata yang salah, penggunaan tanda baca, hingga bentuk kesalahan yang menghilangkan salah satu unsurnya dalam sebuah kalimat. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan yang terdapat pada petunjuk lalu lintas yang ada di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik mengumpulkan data lewat proses observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kesalahan berbahasa yang terjadi pada petunjuk lalu lintas di Kota Medan sangat tinggi sehingga hal ini perlu diperhatikan secara kritis bagi pemerhati bahasa, dan dinas terkait dalam pengadaan petunjuk lalu lintas di Kota Medan.


Keywords


Kesalahan berbahasa, dan petunjuk lalu lintas

Full Text:

PDF

References


Arifin, E. Zainal & Farid Hadi. 2009. Seribu Satu Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Akademika Pressindo.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1.Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta:Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. 2011. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi : Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Umry, Shafwan Hadi. 2011. Bahasa Pers, Iklan dan Bahasawan. Medan: USU Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i2.203-209

Article Metrics

Abstract view : 564 times
PDF - 1937 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id