KEMAMPUAN MAHASISWA STBA-PIA SEMESTER VI MELAFALKAN KATA HOMOGRAF DE “的” DAN DI “地”

Dewi Kartika Tjong, Anthony Hualangi, Sinar Anwar, Ivany Wardhana

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa/i semester VI STBA-PIA T.A 2021/2022 dalam melafalkan kata homograf “的” dan “地” dan menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan penelitian integratif, yang dimana metode penelitian deskriptif kuantitatif digabungkan dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Cluster Sampling sebanyak 37 mahasiswa/i semester VI STBA-PIA T.A 2021/2022 dan Subjek Penelitian dengan teknik Purposive Sampling yaitu, 3 mahasiswa dengan nilai tertinggi dan 3 mahasiswa dengan nilai terendah. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah tes dan wawancara.

Hasil analisis data menunjukkan kemampuan mahasiswa/i semester VI tergolong kompeten dengan nilai rata-rata 87,02. Dengan nilai yang paling sering muncul (modus) adalah 100, nilai tengah (median) adalah 93,33 dan standar deviasi 13,87. Disamping itu, terdapat 19 orang (54.1%) yang digolongkan memiliki kemampuan sangat kompeten, 12 orang (32,4%) yang digolongkan memiliki kemampuan kompeten, 1 orang (2,7%) yang digolongkan memiliki kemampuan cukup kompeten, 3 orang (8,1%) yang digolongkan tidak kompeten dan 2 orang (5,4%) yang digolongkan sangat tidak kompeten. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa/i STBA-PIA adalah faktor motivasi faktor penyajian formal, faktor bahasa pertama, dan faktor lingkungan.

 

ABSTRACT

The aim of this research is to determine the ability of sixth semester students of STBA-PIA T.A 2021/2022 in pronouncing the homograph words "的" and "地" and to describe the factors that influence this ability. To achieve this goal, researchers used an integrative research design, in which quantitative descriptive research methods were combined with qualitative research methods. The sampling technique used the Random Cluster Sampling technique as many as 37 students in the sixth semester of STBA-PIA T.A 2021/2022 and the research subjects used the Purposive Sampling technique, namely, 3 students with the highest scores and 3 students with the lowest scores. The data collection techniques used were tests and interviews.

The results of data analysis show that the abilities of sixth semester students are classified as competent with an average score of 87.02. With the value that appears most frequently (mode) is 100, the middle value (median) is 93.33 and the standard deviation is 13.87. Apart from that, there were 19 people (54.1%) who were classified as having very competent abilities, 12 people (32.4%) who were classified as having competent abilities, 1 person (2.7%) who were classified as having quite competent abilities, 3 people (8 .1%) were classified as incompetent and 2 people (5.4%) were classified as very incompetent. The factors that influence the abilities of STBA-PIA students are motivation factors, formal presentation factors, first language factors, and environmental factors.

 


Keywords


Kata kunci : Kemampuan Melafalkan, Kata Homograf De“的 ” dan Di“地”; Key word: Pronunciation Ability, Homographs De"的" and Di"地"

Full Text:

PDF

References


Alwi, H. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia (3 ed.). Jakarta: Balai Pustaka.

AMEP Research Centre. 2002. Teaching pronunciation #1: What is pronunciation. AMEP Fact Sheet, 1. http://www.ameprc.mq.edu.au/__data/assets/pdf_file/0010/229348/01Pronunciation.pdf. Diakses pada tanggal 12 Februari 2022.

Angela, P. 2020. Kemampuan Menggunakan Kata Kerja “Jiejin” dan “Kaojin” oleh Mahasiswa STBA-PIA Semester III T.A. 2020/2021. Skripsi. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia, Medan.

Bao,L. Y. 2012. Er Yu Xide Yanjiu Fangfa. Beijing: Yuwen Chubanshe.

Billi, V. 2019. Kemampuan Penggunaan Kata Homograf “着(Zhuo, Zhao)pada Mahasiswa/i Tingkat III STBA-PIA T.A. 2018/2019. Skripsi. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia, Medan.

Chaer. A. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

___________. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chandra, Y. N. dan Wijayanti, G. 2013. Verba Homografi dalam Bahasa Mandarin. Skripsi. Universitas Darma Persada, Jakarta. https://docplayer.info/56560694-Verba-homografi-dalam-bahasa mandarin. html. Diakses pada tanggal 16 Februari 2022.

Chen, C. 2016. Kesalahan Penggunaan Kata Homograf Oleh Mahasiswa STBA-PIA Semester IV Tahun 2014/2015. Skripsi. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia, Medan.

Ding. 2010. Hanyu Zuowei Di’eryuyan Xuexizhe Yanjiu. Beijing: Kantor Perusahaan Penerbitan Buku Dunia Beijing.

Dosen Sosiologi. 2018. Pengertian Kemampuan (Ability), Konsep, dan Contohnya. https://dosensosiologi.com/kemampuan/. Diakses pada tanggal 2 Maret 2022.

Fatmawati, R. 2019. Kemampuan Mahasiswa STBA-PIA Semester VI dalam Pelafalan Kata Homograf "De" T.A. 2018/2019. Skripsi. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia, Medan.

Finoza, L. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Huáng bóróng, Liào xùdōng. 2017. Xiàndài hànyǔ (zēngdìng liù bǎn shàngcè). Běijīng: Gāoděng jiàoyù chūbǎn shè.

Jejak Pendidikan. 2016. Pengertian Kemampuan. http://www.jejakpendidikan.com/2016/12/pengertian-kemampuan.html. Diakses pada tanggal 28 Januari 2022.

Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Kumpulan Pengertian. N/A. Pengertian Kemampuan (Ability) Menurut Para Ahli. http://www.kumpulanpengertian.com/2015/04/pengertian-kemampuan-ability-menurut.html. Diakses pada tanggal 20 Februari 2022.

Lind, D. A., Marchal, W. G., & Wathen, S. A. 2021. Basic Statistics for Business & Economics (Tenth). New York: McGraw-Hill.

Liu, C. L. 2005. Hanyu Duoyinzi Yanjiu 汉语多音字研究. Skripsi. Heilongjiang: Heilongjiang Daxue

Lova, V. 2020. Kemampuan Menggunakan Kata Keterangan Waktu “Dunshi” dan “Like” oleh Mahassiwa Semester V STBA-PIA T.A. 2020/2021. Skripsi. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia, Medan.

Miles, M.B., Huberman, A.M. dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edisi Ketiga. London: Sage Publication Inc.

Noviastuti, L., Arifah, F. N., & Murtiani, A. 2017. Tata Bahasa Indonesia: Pedoman Lengkap, Mudah, Praktis Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska Publisher.

Pemerintah Pusat. 2000. Keputusan Presiden (KEPPRES) tentang Pencabutan Instruksi Presiden Nomor 14 Tahun 1967 Tentang Agama, Kepercayaan, Dan Adat Istiadat Cina. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/57713/keppres-no-6-tahun-2000#:~:text=KEPPRES%20No.%206%20Tahun%202000,Istiadat%20Cina%20%5BJDIH%20BPK%20RI%5D. Diakses pada tanggal 2 Juni 2022.

Retno, D. N/A. Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Menurut Bloom – Perkembangan dan Peranan. https://dosenpsikologi.com/kognitif-afektif-dan-psikomotorik. Diakses pada tanggal 8 Maret 2022.

Sardiman, AM. 2006. Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sekaran, U., & Bougie, R. 2016. Research Methods for Business (7th ed.). John Wiley & Sons Ltd. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_102084

Sehan, Z. 2018. An Investigation on the Last Year EFL University Students Ideas on Using Story in Teaching English to Young Learners. Journal of Language and Linguistic Studies, 14(1), 125-138. https://www.jlls.org/index.php/jlls/article/view/804. Diakses pada tanggal 24 September 2022.

Soewadji, J. 2012.Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sri, S., Khusnah, dkk. 2021. Kajian Psikolinguistik (Andayani & N. Saputra (ed.)). Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2011.

________. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sun, Q. 2007. Xiandai Hanyu Duoyinzi Yanjiu 现代汉语多音字研究. Skripsi. Sichuan Daxue, Sichuan.

Sutami, H. 2007. Kekhasan Pengajaran Bahasa Mandarin di Indonesia. Wacana, 9(2): 222-237. http://dx.doi.org/10.17510/wjhi.v9i2.214. Diakses pada tanggal 4 Juni 2022.

Tandika, J. 2014. Penggunaan Homograf Aksara China oleh Mahasiswa STBA-PIA Semester V Tahun 2013/2014. Skripsi. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia, Medan.

Vivian. 2016. Kesalahan Pelafalan Homograf oleh Mahasiswa/i STBA-PIA. Skripsi. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia, Medan.

Yuan, S. M. 2019. Chūjí jiēduàn liúxuéshēng duō yīnzì xí dé de diàochá fēnxī yŭ jiàoxué jiànyì. Skripsi. Nanjing Normal University, Nanjing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i4.773-782

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id