PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MAHASISWA PPG DALAM JABATAN PADA ANGKATAN KE III DI LPTK UMTS
Abstract
Perangkat pembelajaran lahir dari kurikulum yang telah ditetapkan oleh kementrian pendidikan sebagai kurikulum nasional yang artinya seluruh sekolah menggunakan kurikulum tersebut dan kurikum terbaru adalah kurikulum merdeka. Metode yang dilakukan untuk mendapatkan hasil penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Sedangkan pada penelitian ini guru yang menjadi subjek penelitian karena mengikuti Program PPG Dalam Jabatan. Hasil penelitian tindakan kelas pada peserta PPG dalam jabatan menunjukkan peningkatan kemampuan dalam menyusun perangkat pembelajaran. Hal ini terjadi karena peneliti melakukan tindakan untuk menyelesaikan atau menuntaskan masalah peserta didik dalam menyusun perangkat pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Anderson. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. Addison Wesley Longman, Inc.
Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Dewia, N. W. D. P., Watib, N. M. S., & Sudianac, I. M. (2024). Peningkatan Kemampuan Membuat Perangkat Pembelajaran Inovatif Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Angkatan III, Dengan Penguatan Mata Kuliah Pendalaman Materi, dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IKIP Saraswati Tahun Akademik 2023/2024. 79–89.
Hakim, I. (2009). Perencanaan Pembelajaran. CV. Wacana Prima.
Hamalik, O. (2006). Dasar - dasar Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
Hamzah, B. U. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Pt.Bumi Aksara.
Legiman. (2015). Penelitian Tindak Kelas (PTK). LPMP Yogyakarta, 1(1), 1–15. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf&ved=2ahUKEwjK7aGUlZroAhWGyTgGHc20BC0QFjADegQIARAB&usg=AOvVaw3WL-rUuvxMRRWLfrtJXMTd
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Ornstein, A. C., & Hunkins. (2018). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. 7th ed. Essex, England: Pearson.
Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537
Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar, 4(1), 13–22.
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.
Anderson. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. Addison Wesley Longman, Inc.
Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Dewia, N. W. D. P., Watib, N. M. S., & Sudianac, I. M. (2024). Peningkatan Kemampuan Membuat Perangkat Pembelajaran Inovatif Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Angkatan III, Dengan Penguatan Mata Kuliah Pendalaman Materi, dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IKIP Saraswati Tahun Akademik 2023/2024. 79–89.
Hakim, I. (2009). Perencanaan Pembelajaran. CV. Wacana Prima.
Hamalik, O. (2006). Dasar - dasar Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
Hamzah, B. U. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Pt.Bumi Aksara.
Legiman. (2015). Penelitian Tindak Kelas (PTK). LPMP Yogyakarta, 1(1), 1–15. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf&ved=2ahUKEwjK7aGUlZroAhWGyTgGHc20BC0QFjADegQIARAB&usg=AOvVaw3WL-rUuvxMRRWLfrtJXMTd
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Ornstein, A. C., & Hunkins. (2018). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. 7th ed. Essex, England: Pearson.
Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537
Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar, 4(1), 13–22.
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i4.741-749
Article Metrics
Abstract view : 90 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id