ANALISIS NILAI-NILAI SOSIAL DAN PENDIDIKAN PADA FILM “TOBA DREAMS” SERTA RELEVANSI TERHADAP KARAKTER SISWA

Hakim Prasasti Lubis, Tri Budiarti Damanik

Abstract


Latar belakang dari penelitian adalah beberapa siswa kurang memiliki sikap karakter baik itu sikap pendidikan maupun sosial. Hal itu terjadi disebabkan oleh banyaknya film yang tidak mendidik bagi siswa serta ditemukan siswa yang tidak memiliki karakter sosial dan pendidikan dikarenakan tidak ada yang menuntun mereka baik itu di sekolah maupun di rumah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui nilai-nilai sosial dan pendidikan pada film "Toba Dreams" serta relevansi terhadap karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan menonton film "Toba Dreams" dan mencatat nilai-nilai sosial dan pendidikan yang terdapat dalam cerita serta melihat bagaimana nilai-nilai tersebut dapat memengaruhi karakter siswa. Adapun nilai sosial yang tekandung adalah nilai kerja sama, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, gotong royong, dan toleransi. Adapaun nilai pendidikan karakter yang dinilai adalah religious, jujur, kreatif, mandiri, dan rasa ingin tahu.

Keywords


Nilai Sosial; Nilai Pendidikan Karakter; Toba Dreams

Full Text:

PDF

References


Anggraini & Asnawi. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Film Animasi Upin Ipin Episode Ragam Ramadhan, Raya Norma Baharu, dan Raya Penuh Makna. Jurnal Sastra Indonesia 12 (2) (2023) 177-186.

https://journal.unnes.ac.id/sju/jsi/article/view/70524/24828

Azhari. (2023). Sosialisasi Spirit Perdamaian: Potensi Kampanye Pesan Toleransi dalam Film. JRF: Journal of Religion and Film Vol 2 Nomor 12023, (259-274). https://jrf.dakwah.uinjambi.ac.id/index.php/JRF/article/view/24/24

Elisa, Abdul, & Zainah. (2023). Analisis Nilai-Nilai Moral Pada Film” Toba Dreams” Karya Tb Silalahi.

https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/caraka/article/view/1140/972

Eni, & Shubhi. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2), 2024, Pages 1026-1036

https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/887

Ginting. (2024). Transformasi Karya Sastra ke Film: Studi Intertekstualitas pada Adaptasi “Ayat-Ayat Cinta”. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan Vol 2 No 3 (2024). https://journal.aspirasi.or.id/index.php/Pragmatik/article/view/663

Sugeng, Nugraheni, & Kundharu. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Sajak “Bulan Ruwah”Karya Subagio Sastrowardoyo dalam Pembelajaran Sastra. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Vol 8 no.2 (2018)

https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1575/882

Steeva, & Joubert. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi: Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah. Vol 23, No 1 (2022)

https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/V2/Index.Php/Jpekd/Article/View/41379/36823

Waruwu. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 7Nomor 1Tahun 202

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i4.706-712

Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id