FENOMENA ONLINE LEARNING DIMASA PANDEMI

Rosni Harahap

Abstract


Seluruh dunia berduka dengan adanya musibah virus corona 19, Pandemi ini telah menelan banyak korban. Perekonomian negara merosot dari hari ke hari, dunia pendidikan pun menjadi sepi karena diwajibkannya social distancing untuk memutus mata rantai virus corona 19. Sementara ini belajar online menjadi sebuah solusi terbaik dari pemerintah agar pendidikan tetap berjalan. Online learning dikenal juga dengan E-learning  yaitu sistem atau konsep pendidikan yang memamfaatkan teknologi informasi dalam suatu proses pembelajaran. Menurut beberapa ahli E-learning  adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Media yang digunakan adalah komputer atau handphone. Ini menggunakan jaringan atau web yang dikembangkan menjadi lebih luas jangkauannya yaitu internet. Fokus penelitian ini adalah membahas mengenai fenomena online learning dimasa pandemi dan faktor eksternal dan internal belajar dirumah selama masa pandemi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis fenomena online learning dimasa pandemi dan mendeskripsikan dan menganalisis faktor eksternal dan internal proses belajar dirumah selama masa pandemi. Sementara itu kesimpulan – kesimpulan yang didapatkan berdasarkan data yang telah didapatkan dari hasil wawancara dengan informan adalah sebagai berikut:(a) jaringan internet masih belum menyeluruh dipelosok- pelosok negeri (b) belajar online untuk sebagian kalangan masih memiliki kendala (c) untuk mengikuti belajar online membutuhkan dana (d) mayoritas mahasiswa belum mampu memahami pelajaran yang dilakukan secara daring (e) mahasiwa lebih memilih kuliah tatap muka daripada kuliah jarak jauh (f) orangtua memiliki peran khusus dalam mengontrol anak- anak belajar (g) hikmah dari pandemi adalah berkumpulnya satu keluarga yang dulunya jarang bisa berkumpul bersama.


Keywords


online Learning, pandemi.

Full Text:

PDF

References


Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

Harahap, E. M., & Parapat, L. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Kritik Sastra Mahasiswa Umts Padangsidimpuan. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 50-59.

Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2015). Analisa dan perancangan sistem pembelajaran online (e-learning) pada smk mambaul falah kudus. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 6(2), 345-352.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Ernawatililys.com 7 Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online Diakses Juli 2020

Gurupendidikan.co.id Pengertian E-Learning . Diakses Juli 2020

https://suneducationgroup.com 8 Manfaat Online Learning Sebagai Metode Pebelajaran. Diakses Juli 2020

https://www.kompasiana.com Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online. Diakses Juli 2020

www.pustaka.ut.ac.id Konsep Pembelajaran Online. Diakses Juli 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i2.146-156

Article Metrics

Abstract view : 7675 times
PDF - 4916 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id