BUDAYA LOKAL SUKU ALAS “PEMAMANAN”

Cut Mutia Rahayu

Abstract


Penelitian ini berjudul “Budaya Lokal Suku Alas Pemamanan”. mengangkat suatu pengetahuan siswa mengenai beragam budaya lokal yang ada di Indonesia, diantaranya kebudayaan suku Alas “ Pemamanan”. Penelitian ini bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan mengenai kebudayaan suku Alas “ Pemamanan”. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang berjenis deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non-tes dan tes. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitiannya adalah budaya pemamanan yang menjadi teradisi bagi suku alas, setiap diadakan pemamanan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Lamanya prosesi Pemamanan ini tergantung keadaan ekonomi dari sang paman, jika sang paman memiliki ekonomi yang baik bisa jadi acara Pemamanan mencapai tujuh hari tujuh malam.


Keywords


Suku, budaya, Alas, bahasa, “Pemamanan”.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Fauzi. 2016. Interaksi Islam Dengan Budaya Lokal Dalam Tradisi Khanduri Maulod Pada Masyarakat Aceh. Jurnal Akademik, Vol. 21. No. 01 Januari-Juni 2016.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Nisa, Hany Uswatun & Supriyanto, Teguh. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 5 No. 2. Tahun 2016.

Rohmaniyah, Alfian.2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunaryo, Ayo. 2015. Jurnal Internalisasi Nilai-Nilai Tradisi Pada Penciptaan Tari Anak Berbasis Budaya Lokal. Vol. 2 no 1 tahun 2015.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Karisma Putra Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i2.166-176

Article Metrics

Abstract view : 909 times
PDF - 1009 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id