STRUKTUR TINDAK TUTUR NASIHAT YANG TERDAPAT DALAM FILM SURAU DAN SILEK

Silmi Hayaty, Oktavianus Oktavianus, Ike Revita

Abstract


Dalam penelitian ini dibahas struktur tindak tutur nasihat yang terdapat di film Surau dan Silek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur tindak tutur nasihat yang ditemukan di film Surau dan Silek. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Revita (2007) untuk mendeskripsikan struktur tindak tutur nasihat yang terdapat di dalam film Surau dan Silek. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa semua tuturan yang mengandung nasihat yang terdapat di film Surau dan Silek. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak melalui teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Data dianalisis dengan metode padan translasional dan padan pragmatis. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, ditemukan beberapa struktur tindak tutur nasihat pada film Surau dan Silek. Struktur tindak tutur nasihat tersebut, yaitu: a) tindakan pokok, b) tindakan pokok diikuti tindakan pendukung, c) tindakan pendukung diikuti tindakan pokok, d) tindakan pokok diapit tindakan pendukung, dan e) tindakan pendukung diapit tindakan pokok.


Keywords


tindak tutur nasihat, struktur tindak tutur nasihat, film Surau dan Silek

Full Text:

PDF

References


Bach, K & Robert M Harnish. 1979. Linguistics Communication and Speech Acts. Cambridge: MIT Press.

Effendy, Onong Uchjana. 1986. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remadja Karya CV.

Fimela. 2019. Tren Positif Film Indonesia. Indonesia.Go.Id. https://indonesia.go.id/ragam/seni/sosial/tren-positif-film-indonesia

Mardiah, Stevani. 2015. “Tindak Tutur Direktif untuk Memberikan Nasihat Oleh Ustadz dan Ustadzah dalam Proses Pendidikan di Pondok Pesantren Iqra’: Suatu Kajian Pragmatik”. Tesis. Padang: Universitas Andalas.

Nurlina, Wiwin. E. S. 2019. “Tindak Tutur pada Nasihat Berbahasa Jawa yang Berkonjungsi Yen”. Jurnal Widyaparwa. Volume 47 (1): 33-43.

Revita, Ike. 2007. “Permintaan dan Penolakan dalam Bahasa Minangkabau: Tinjauan Sosiopragmatik”. Disertasi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Revita, Ike. 2013. Pragmatik: Kajian Tindak Tutur Permintaan Lintas Bahasa. Padang:Universitas Andalas.

Republika. 2017. https://www.republika.co.id/berita/senggang/film/17/09/05/ovtewb335dua-filmnasional-raih-penghargaan-di-hong-kong. Diakses pada tanggal 11 Januari 2020 pukul 11.00 WIB.

Reynando, Dendi dan Emil Bias. (Produser) 2017. Surau dan Silek. Mahakarya Picture: Jakarta. 1j30min. https://www.youtube.com/watch?v=qxzyY-lawvA

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i1.101-113

Article Metrics

Abstract view : 679 times
PDF - 607 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id