PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI ICE BREAKING DAN WORDWALL DI KELAS VII SMP N 4 KISARAN

Juniarti Sipayung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui ice breaking dan wordwall. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket,observasi dan tes. Minat dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Peningkatan minat belajar peserta didik dilihat dari kenaikan rata-rata persentase pada angket disetiap siklus. Hasil minat peserta didik pada tahap pra-siklus diperoleh rata-rata sebesar 54,04% dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 63,56% dan 73,54% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada tahap pra-siklus tidak terdapat peserta didik yang tuntas dan pada siklus I mengalami peningkatan yaitu terdapat 16 peserta didik yang tuntas dan siklus II semua peserta didik tuntas dalam tes Bahasa Indonesia.


Keywords


Kata Kunci : Ice Breaking, Wordwall, Minat belajar, Hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. In Jurnal Kependidikan (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696

Saputra, V. H., Febriyanto, E., Indonesia, U. T., & Indonesia, U. T. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA. 1(1), 15–23.

Sirait, E. D. (2016). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI. 6(1), 35–43.

Yanti, R., & Putri, D. N. (2020). Penerapan Ice Breaker dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Tematik pada Tema 8 Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Salolo Kota Palopo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 128–132. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.627




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i2.395-406

Article Metrics

Abstract view : 485 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id