PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI KAHOOT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VLLL SMP SWASTA TRISAKTI LUBUK PAKAM
Abstract
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi kahoot terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Swasta Trisakti Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian two group posttest-only control design. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berdasarkan perhitungan angka-angka statistik dalam hasil temuannya. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 62 siswa dengan sampel penelitian ini adalah VIII-1 sebanyak 31 siswa dan VIII-2 sebanyak 31 siswa yanng ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan postest penggunaan media aplikasi kahoot, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 61,56 dengan simpangan baku 13,5214 dan kelas eksperimen rata-rata 71,7742 dengan simpangan baku 14,5661. Hasil uji prasyarat data pretest dan postest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji”t”pada taraf signifikan α= 0.05 diperoleh Thitung > Ttabel= (3,39 > 1,69). Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media aplikasi kahoot di VIII SMP Swasta Trisakti Lubuk Pakam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd Rahim Ruspa1,Nirwana (2021) Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmia Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. 6, 557–566.
Alimatussa’diyah1, Candra Oktyasari Putri2, Pangkat Mondiana, Kahoot dia Dalam Maningkatkan Kemampuan Menulis Kutipan Pada Mahasiswa Prodi KPN Polimari Semarang
Aprima,D.& Sari,S.(2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.
Barwick,J.(2007). Targetting Text: Photocopiable Unit Based on English Text Types: Information Reports, Explanations, Discussion: Upper Level. Australia: Blake Education.
Dalman.(2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Damayanti, W. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2; Maret), 141–150. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.25
Gilang M. (2022). Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran Penerapan Aplikasi Kahoot ! sebagai Media Pembelajaran Berbas is. 2(2), 35–41.
Gres Dyah Kusuma Ningrum “Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa” Vox Edukasi, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol.9, No.1 (2018), 23.
Julianti, D., & Siagian, I. (2023). Analisis Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science,3,5829–5836.
Konsepsi,J.(2020).Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. 9(2), 72–81.
Kosasih, E. (2019). Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Kutipan,M.,Mahasiswa,P., Kpn, P., & Semarang, P. (2022). Jurnal Skripta, Volume 8 Nomor 1 , Mei 2022 - PBSI UPY. 8, 61–68.
Lutfi, L.,Kusumawardani, S., Imawati, S., & Misriandi, M. (2020). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar
Model, P., Berbasis, P., Bantuan, D., Video, M., Meningkatkan, U., Menulis, K., & Eksplanasi, T. (2023). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 12 No 1 , Maret 2023
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Depok : Rajawali Pers.
Pembelajaran, U., & Eksplanasi, T. (n.d.). Unit Pembelajaran 8 : Teks Eksplanasi.
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. 2(1), 1–19.
Putri, N. N., Wulandari, B., & Menyimak, K. (2022). Strategi Pembelajaraan Kontekstual Dengan media eksposisi Contextual Learning Staretegies With Media Kahoot To 2, 2939.
Rudi Susilana, M.Si,Cepi Riyana,M.Pd (2018) Media Pembelajaran :Bandung Cv Wacana Prima
Rusman,Model-model pembelajaran. Jakarta:perpustakaan nasional
Ruth seltrysa simbolon,Elza L. Lisnora Saragih,Harlen Simanjunta: Pengaruh Penggunaan Model 3M terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII B SMP HKBP Sidorame Medan 2022/2023. Journal Of Social Science Research
Simanjuntak. H. (2024).Pembelajaran yang Menyenangkan:Yayasan Pendidikan Cendikia Muslim
Simanjuntak. H. dkk. (2021) Strategi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar:Jawa Timur Cv. Penerbit Qiara Media
Sukirman(2020) Tes Kemampuan Keterampilan Menulisdalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah jurnal Konsepsi, Vol.9, No. 2, Agustus2020
Sururoh I. (2023). Pengaruh Menggunakan Media Pembelajaran Pada Aplikasi Game Kahoot Terhadap Evaluasi Pembelajaran PAI di SMP Swasta An-Nizam Medan. 2, 451– 456.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tri, J.,Santoso, B., & Widiyanti, A.(2022). JINoP ( Jurnal Inovasi Pembelajaran ). 8(November), 171–185.
Winarti,A.(2021).Korelasi Antara Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Dengan Media Kahoot Dan Hasil Belajar Menulis Teks Karya Ilmiah Siswa SMA N 3. 4(1), 12–24.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i2.328-%20338
Article Metrics
Abstract view : 477 timesPDF - 158 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id