PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 STABAT

Rusyda Nazhirah Yunus

Abstract


Perubahan dalam struktur kurikulum merupakan suatu proses yang wajar dalam dunia pendidikan. Pengenalan kurikulum baru bermanfaat untuk menyegarkan, memperluas, dan meningkatkan kualitas kurikulum yang sedang digunakan. Perubahan ini mencerminkan upaya pemerintah dalam meningkatkan sistem pendidikan. Pada tahun 2022, diperkenalkan Kurikulum Merdeka, sebuah pendekatan kurikulum yang menitikberatkan pada beragam konten dalam pembelajaran, memberikan lebih banyak waktu bagi peserta didik untuk memahami konsep dan menguatkan kompetensi mereka. Guru diberikan kebebasan dalam memilih alat bantu mengajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Meskipun demikian, kinerja guru perlu ditingkatkan karena masih ada kebutuhan untuk lebih memahami Kurikulum Merdeka. Terdapat beragam tingkatan dalam materi dan tugas pembelajaran, serta pentingnya asesmen diagnostik di awal pembelajaran untuk mengidentifikasi potensi, karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan, dan pencapaian pembelajaran siswa. Ini merupakan tantangan tambahan bagi guru untuk menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Hal ini akan menghasilkan beragam metode atau model pembelajaran dalam penyampaian materi pembelajaran untuk setiap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka sudah semakin baik dan berhasil meningkatkan kreativitas, semangat belajar, dan karakter siswa.


Keywords


Pembelajaran, penguatan karakter, kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Ainia, Dela Khoirul. 2020. Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol. 3 No. 3.

Abdi, G. P. (2020). Peranan Pembelajaran Sejarah Untuk Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 209–215.

Adawiyah, S. R., & Haolani, A. (2021). Kajian Teoritis Penerapan Self- Assessment Sebagai Alternatif Asesmen Formatif Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3).

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. JURNAL PESONA DASAR, 6(2), 55–65.

Arifin. (2022). Kurikulum Dan Implementasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan Dan Peluang Menuju Progam Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 10(1), 279–284.

Asri, M. (2017). Dinamika Kurikulum Di Indonesia. Modelling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.

Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya, 16(1), 225–234.

Eka Putra, dkk. 2022. Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Guru untuk MenyelenggarakanProses Pembelajaran Berbasis Online. Susunan Artikel Pendidikan 7 (1) 18-25.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Eneste, Pamusuk. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Angkasa.

Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa. Jakarat: PT Gramedia Pustaka Utama.

Munisa, Dkk. 2021. Pengembangan Manajemen Sekolah Terintegrasi Berbasis Sistem Informasi di Sumatera Utara. Journal of Islamic Education. 11, 85-90.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2012. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Yrama Widya.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat Efektif: Diksi, Struktur, dan Logika. Bandung: PT Refika Aditama.

Rahmaniar, dkk. 2022. Pelatihan Keterampilan Critical Thingking HOTS dan Berkarakter dalam Penguatan Mutu Lulusan SMK. Unimed.ac.id.

Rusiadi, dkk. 2020. “Teacher Leadership Teaching Strategy Supporting Student Learning During the Covid 19 Disruption”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5 (3), 321-333.

Saddhono, Kundharu dan St. Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sasangka, Sry Satriya Tjatur Wisnu. 2013. Gapura Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Elmatera.

Soedjito dan Solchan. 2016. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahardjo, Mudjia. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif .[Online]. Tersedia:http://mudjiarahardjo.uin-malang.ac.id/materi-kuliah/288-metode-pengumpulan-data-penelitian-kualitatif.html. [08 Agustus 2023]

Soewandi, A.M. Slamet. “Populasi dan Sampel”. Hand Out Kuliah. Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Sujarwanto. 2002. Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Gama Media.

Sabariyanto, Dirgo. 1999. Kebakuan dan Ketidakbakuan Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra Gama

Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Angkasa.

Wahyuni, Sri dan Ibrahim. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Malang: Refika Aditama.

Widjono, Hs. 2007.Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.185-194

Article Metrics

Abstract view : 416 times
PDF - 304 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id