METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA KELAS IX DI SMP NEGERI 4 KISARAN

Meidini Wardah Lesmana, Rina Hayati Maulidiah, Lilik

Abstract


Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif siswa dan mengintegrasikan pemahaman konsep dengan pengalaman praktis dalam konteks proyek nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa ditingkat sekolah menengah. Melalui pendekatan kualitatif dan eksperimental, penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek. Tahap pertama melibatkan perencanaan dan implementasi pembelajaran berbasis proyek dengan fokus pada materi Teks Tanggapan dan Menulis Teks Tanggapan. Hasil dari siklus pertama menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari pre tes ke post tes, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti manajemen kelompok dan partisipasi aktif siswa dalam diskusi. Tahap kedua dilakukan dengan memperbaiki aspek-aspek yang ditemukan dalam evaluasi siklus pertama. Perubahan dilakukan dalam pembagian kelompok, pendekatan pembelajaran, dan peningkatan partisipasi siswa. Hasil dari siklus kedua menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam hasil belajar siswa. Dengan memperhatikan aspek-aspek tertentu, seperti manajemen kelompok dan pendekatan pembelajaran, metode ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan

Keywords


Pembelajaran; Proyek; Kelompok

Full Text:

PDF

References


Alwi, S. (2018a). Meningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Foto Berseri. Journal of Education Action Research, 149–156.

Alwi, S. (2018b). Meningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Foto Berseri. Journal of Education Action Research, 149–156.

Anggara, M., & Samsudin, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGETAHUI GAMBARAN PEMAHAMAN KONSEP

PENJUMLAHAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR: model Project Based Learning, pemahaman konsep penjumlahan, siswa kelas 1 SD. Sebelas April Elementary Education, 2(1), 62–71.

Anisa, M. (2023). Hubungan Hasil Belajar Kognitif dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMP Negeri 18 Bandar Lampung.

Anwar, Y. (2020). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS VIII. 2 SMPN 3 KOTO BARU.

Ensiklopedia Education Review, 2(3), 22–33.

Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., Nurkholisah, N., Anista, W., & Utomo, A. P. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Game Edukatif dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1–11.

Firmaningsih, F., & Wasikin, E. H. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Sustainability dalam Model Problem Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ekosistem. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).

Ikrimah, N., & Adawiyah, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMA Kecamatan Kusan Hilir. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(4).

Ilmi, M., & Lagiono, L. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan Pada Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(2).

Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta analisis efektivitas model problem based learning dan problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681.

Mutmainnah, R., Hasnawati, H., & Anas, A. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Menggambar Ilustrasi Peserta Didik Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Project-Based Learning.

JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(3), 789–794.

Nafi’ah, U. (n.d.). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Google Classroom Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Jarak Jauh Materi Permasalahan Sosial Peserta Didik Kelas Xi Ips 2 SMA Negeri 3 Demak (Studi Pada Tahun Pelajaran 2020/2021). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 90–99.

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta analisis: pengaruh problem-based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia tujuh tahun terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851–864.

Rahmalia, R., Hajidin, H., & Ansari, B. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149.

Santoso, E., Sugiyanti, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Pengembangan E-modul Berbasis Problem based learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Statistika. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 192–212.

Sari, I. P. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII. A SMP NEGERI 1 CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN DAN INOVASI, 6(4), 7–16.

Silalahi, D. P., Dalimunthe, S. F., Sos, S., & Kom, M. I. (n.d.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN.

Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan instrumen penilaian ipa terpadu dalam pembelajaran model Project Based Learning (pjbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa smp. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36.

Waruwu, R., Anas, N., & Rohani, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1054–1064.

Yulianto, H. T., Tusmiyati, A., & Widiastuti, H. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e-ISSN 2721-9666, 4(1), 1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.117-127

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id