MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA SISWA SMP NEGERI 3 KISARAN MELALUI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING

Helbina selani barus, Rina Hayati Maulidiah, Isnaini

Abstract


Mengeksplorasi dan menganalisis dampak penerapan Pendekatan Project Based Learning (PBL) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Kisaran. Metode PBL diimplementasikan sebagai strategi pembelajaran untuk memperkuat keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII sebagai subjek penelitian dan menggunakan desain penelitian eksperimental pre-post dengan kelompok kontrol. Instrumen penelitian meliputi tes prestasi, observasi kelas, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PBL mengalami peningkatan prestasi belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, partisipasi aktif siswa dalam proyek kolaboratif meningkat, menunjukkan bahwa PBL tidak hanya berdampak pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial. Implikasi penelitian ini memberikan landasan bagi pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat menengah, khususnya dalam konteks SMP Negeri 3 Kisaran.

Keywords


Partisipasi; Eksperimental;dan Inovatif

Full Text:

PDF

References


Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28–35.

Firmaningsih, F., & Wasikin, E. H. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Sustainability dalam Model Problem Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ekosistem. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).

Fitriyah, A. L., Putra, M. I. S., Solichin, M., Amrulloh, A., & Anwar, M. A. (2020). Desain Manajemen Pendidikan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 195–213.

Hutapea, N. (n.d.). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TARUTUNG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

Mahanani, P., & Muchtar, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Menggunakan Model Inkuiri dan Project Based Learning (PJBL) pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 43–49.

Nafi’ah, U. (n.d.). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Google Classroom Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Jarak Jauh Materi Permasalahan Sosial Peserta Didik Kelas Xi Ips 2 SMA Negeri 3 Demak (Studi Pada Tahun Pelajaran 2020/2021). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 90–99.

Ningsih, S. M., Irawati, S., & Idrus, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 34–43.

Nugraha, A., & Haji, S. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Triadik, 21(2), 95–107.

Nurdianti, R. R. S., & Sartika, S. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Roda Berputar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 17(2), 45–55.

Prisiska, R. N., Hapizah, H., & Yusuf, M. (2017). Pengembangan lks berbasis problem based learning materi aritmetika sosial kelas VII. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Putri, C. S., & Lensy, N. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Viii Smpn 04 Kota Bengkulu. Triadik, 21(2), 86–94.

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259.

Safitri, M., Yennita, Y., & Idrus, I. (2018). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa siswa melalui penerapan model problem based learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112.

Saragih, R. A. F. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Besaran Dan Satuan Di Kelas X Semester I Sma Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran Tp 2014/2015. Inpafi (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(4).

Sitompul, N., Sihombing, S. A. A. S., & Manurung, S. R. (2020). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 8(2).

Titin, E. Y., & Panjaitan, R. G. P. (2011). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukadana. Jurnal Penelitian Universitas Tanjung Pura, 21(1).

Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan instrumen penilaian ipa terpadu dalam pembelajaran model Project Based Learning (pjbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa smp. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36.

Waruwu, R., Anas, N., & Rohani, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1054–1064.

Wiji, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Subtema 3 Melalui Problem Based Learning Peserta Didik Kelas I Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Trisala, 2(14), 251–264.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.128-136

Article Metrics

Abstract view : 412 times
PDF - 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id