PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

Anisa Sihotang, Ismail Rahmad Daulay, Devinna Riskiana Aritonang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menguasai Metode Pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Pendekatan yang dipilih untuk penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 7 kelas berjumlah siswa  230 orang dan sampel dari kelas XI MIA-2 sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dengan variabel X sebanyak 10 soal dan variabel Y sebanyak 5 soal melalui rumus korelasi “r” product moment pearson. Menurut analisis tersebut, skor untuk variabel X nilai tertinggi 90 dan terendah 60, dengan nilai rata-rata 79,70. Sedangkan skor tertinggi 90 dan terendah 70 dengan nilai rata-rata 82,05 untuk variabel Y. Nilai yang terdapat pada tabel hubungan “r” product moment pearson  diperoleh > 0.567 sehingga bila dibandingkan dengan  yaitu (0,567 > 0,349) maka hipotesis dalam penelitian diterima. Hasil tersebut membuktikan adanya pengaruh yang signifikan dari pemilihan metode pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.


Keywords


Mind Map; Menulis Teks Eksplanasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Akaidah. 2017. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.

Yogyakarta:universitas Indonesia.

Astuti, S. P., Sobari, T., & Aeni, E. S. 2020. Morfologi Pada Penulisan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 4 CIMAHI. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3, 21–30.

Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramendia Pustaka Utama. Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers. Gie. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Hariyanto, D., Sutadji, E., & Suharmanto, S. 2016. Hubungan Pengetahuan Teori dan Kemampuan Praktik Pemesinan Terhadap Kesiapan Praktik Kerja Industri Siswa SMK. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 1(1), 44. https://doi.org/10.21831/dinamika.v1i1.11456.

Hernowo, 2005.Mengubah sekolah catatan-catatan ringan berbasiskan pengalaman, Bandung: MLC. Istarani, 2014.58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Nurroeni, C. 2013. Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Peristiwa Alam Pada Siswa Kelas V di SDN Debong Kidul Kota Tegal. Journal of Elementary Education, 2(4), 54–60.

Nasrillah, E., Kosasih, E., & Kurniawan, K. 2019. Teks eksplanasi sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di kelas XI SMAN 5 Bandung (Kajian deskiptif kualitatif terhadap fungsi, struktur dan kaidah kebahasaan dalam proses pembelajaran berbasis genre). Diglosia: Jurnal Pendidikan3(1), 68–73. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/5720/3710.

Natalia, D. S. H. 2022. Peningkatan Kemampuan Menulis Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Menggala Tahun Peajaran 2021/2022. 44(12), 2–8.

Tarigan, HG. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa. Teaching and Assessing Writing. Sydney: University Of New South Wales. Untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Windhiarty, W., Jafar, H., & Sulistyowati, E. D. 2017. Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Media Berbasis Adobe Flash Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4), 367–376.

Zulela, M. S., Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. 2017. Keterampilan menulis narasi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112-123.

Swadarma, Doni. 2013. Penerapan mind mapping dalam kurikulum pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rahayu, S. 2017. Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar pada Siswa Menengah Pertama. Kajian Linguistik Dan Sastra, 27(2), 126-133.

Rizkiana, S., & Ediyono, S. 2019. Penggunaan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. Js (Jurnal Sekolah), 4(1),

https://doi.org/10.24114/js.v4i1.16067.

Sarumaha, F. 2019. Penerapan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Keterampilan Menulis Teks Ekposisi Siswa Kelas X IPS SMA Kristen Hosana Medan 2018/2019. Asas: Jurnal Sastra, 8(2)

Saddhono, kundharu dan St. Y Slamet. 2012. Meningkatkanketerampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darmawati.

Safitri, D. 2016. Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Balangan 1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar,5(3),193–203.

http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/issue/view/157.

Sari, D. T., & Setiyadi, R. 2020. Pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa sekolah dasar kelas V dengan menggunakan metode inquiry learning dengan setting mind mapping. COLLASE : journal Creative of Learning, 03(05).

Susdiana, B. E. 2017. Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Picture and Picture Pada Siswa Kelas VII SMP. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 11(1), 1. https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i1.247.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.137-145

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id