PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS TPACK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENUJU ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Keywords
References
Afni, Nur. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Conference Series, Vol. 3, No. 4. Hal 1000 – 1004.
Alvira, Mirza. 2021. Studi Deskripsi: Perilaku Adiksi HP (Gadget Addiction) Peserta Didik di SMP Negeri 37 Surabaya. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling : Teori dan Praktik), Vol. 5, No. 1, Juni 2021. Hal. 43-48.
Armiyati, Laely dan Miftahul Habib Fachrurozi. 2022. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru di Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, Vol.09, No.02. Hal. 164-176.
Ayuni , Nurul . Cut Morina Zubainur dan Taufik Fuadi Abidin. 2021. Penerapan TPACK dan Problem-Based Learning Model untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Peluang. Hal 49-54.
Banarsari, Arum .Deviana Rizki Nurfadilah dan Alfian Zainul Akmal . 2022. Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Pada Abad 21 . Conference Series, Vol. 6. No. 1. (2023).Hal. 459-464
Choiroh, Mazaela. Ivayuni Listiani dan Naniek Kusumawati. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis TPACK terhadap Literasi Sains Siswa kelas V SDN 01 Taman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 7, No. 4. Hal. 1486- 1504.
Diana Rosyidah, Nur. Dinda Taruna Nagara dan Edi Supriana. 2019. Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, Vol 4. No. 1, Desember 2019. Hal. 46-49.
Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Firmansyah Syaputra, Achmad. Dian Hidayati dan Nor Maya. 2023. Digitalisasi Pendidikan Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Syntax Admiration, Vol. 4, No.11, November 2023. 2207-2217.
Runisah. 2023. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode PBL Materi Kisah Pembebasan Bangsa Israel Pada Kelas IV SDN 08 Buluh Merindu. Semnapsa: Prosiding seminar Pendidikan Nasional, Vol. 4, No. 2 November 2023. Hal775 – 787.
Mayumi, Fukuyama. 2018. Society 5.0: Aiming for a New HumanCentered Society. Japan spotlight.
Nadiyah, Fatimatun dan Feri Tirtoni. 2023. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 14 No. 1, April 2023, Hal. 25 – 36.
Ningsih, Sulistia dan Arsan Shanie. 2023. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 8, No. 2, April 2023. Hal. 52-61.
Nurhayati, Nana Mardiana dan Rianti. 2021. Penerapan Model Pembelaajran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, Vol. 4, No. 2, Januari 2021, Hal. 88-95.
Pratiwi, Indah. dkk. 2019. Konsentrasi Belajar Siswa dan Penggunaan Gawai. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Prabandari, Sri dan Salamah. 2022. Peran Guru dalam Pemanfaatan Gawai untuk Meningkatkan Pembelajaran di Masa Pandemi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, Vol. 3, Juni 2022. Hal. 161-165.
Restela, Rika dan Hafifah Putri. 2023. Penggunaan Gadget Untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektik. Jurnal Pendidikan Sekolah PGSD UNIMED, Vol. 7, No. 2 Maret 2023. Hal. 291-299.
Santoso , Farhan Aldino. 2020. Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Pembelajaran Siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 1, April 2020. Hal. 49-54
Sari, Tria Puspita dan Amy Asma Mitsalia. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Prasekolah Di TKIT AL Mukmin. Journal Profesi, Vol. 13, No. 2, Maret 2016. Hal. 72–78.
Suginem. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi, Vol.3, No.1, Hal. 32-36.
Sulaiman, Amana Wahyu dan Mardiana Saputri. 2021. Pemanfaatan Teknologi Gawai pada Pembelajaran Anak SD di Era Pandemi Covid-19 dengan Menggunakan Metode Project Based Learning. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, Vol. 1, Juni 2021. Hal. 134-140.
Solikhin, Much. Akbar Aji Seno dan Budhi Utami. 2023. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Model Problem Based Learning Terintegrasi Role Play untuk Melatihkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Proceeding Biology Education Conference, Vol. 20, No. 1, Desember 2023. Hal. 54-60.
Suherman, dkk. 2020. Industry 4.0 vs Society 5.0. Banyumas: Pena Persada.
Tama, Nurhati Suci dan Sumargiyani. 2022. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMA dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pendekatan TPACK. Seminar Nasional Pendidikan Matematik, Hal. 85-93.
Widaningsih, Resmi. Dede Margo Irianto dan Yeni Yuniarti. 2023. Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dasar, Vol 9, No 1, Januari 2023. Hal. 9-16.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.79-85
Article Metrics
Abstract view : 1186 timesPDF - 675 times PDF - 380 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id