KETERTARIKAN PESERA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI

Dwi Friska Br Girsang, Khairun Nisa, Masdawani

Abstract


Pendidikan pada abad ke-21 adalah pendidikan yang berlandaskan pada ilmu pengetahuan dan teknologi serta berfokus menghasilkan output peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kreatif, dan mampu bekerja sama. Pembelajaran yang ditemukan di lokasi penelitian masih menggunakan metode ceramah, minim penggunaan teknologi dan peserta didik merasa bosan serta sudah merasa lebih terbiasa dengan pembelajaran konvensional, sehingga perlu dilakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan agar guru dapat melakukan evaluasi dan melakukan pengembangan dalam pelaksanaan pembelajaran di masa depan. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk melihat ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran berbasis teknologi yang menggunakan media, web games wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sumber data melalui observasi dan kuesioner kepada peserta didik kelas IX-5 yang berjumlah 29 orang dengan pelaksanaan pra siklus dan dua siklus penelitian. Teknik analisa data dilakukan secara kualitataif. Melalui hasil penelitian, pada siklus pertama ditemukan 3,4% peserta didik merasa biasa saja dengan pembelajaran menggunakan media teknologi. Pada siklus kedua terjadi peningkatan ketertarikan dengan respon tertinggi peserta didik menjawab menginginkan pembelajaran yang menggunakan media belajar berbasis teknologi dengan nilai 44,8%, pembelajaran yang menyenangkan dan seru 31%, dan yang menggunakan gawai sebesar 24,1% dan tidak ada lagi peserta didik yang merasa biasa saja.

Keywords


PTK; Media Pembelajaran; dan Teknologi

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rusydi. dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media

Aziz, Abdul. Predi Gentara. 2021. Penggunaan Media Wordwall Dwi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN Satap 3 Hanau Desa Paring Raya. Jurnal Stdi Guru dan Pembelajaran Voume 4, No. 3 September-Desember 2021

Dotutinggi, Melianti. dkk. 2023. Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian Volume 03, (2) Juni 2023

Mahyudi, Arni. 2022. Penggunaan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Baku Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Volume 1, No. 6 Mei 2022

Setyorini, Diyah. dkk. 2023. Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik Volume 6, No. 1 Juni 2023

Siswanto, Romi. Perkembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Direktorat Pendidikan Profesi Guru

Soraya, Bintang. Rita Sinta Dewi. 2024. Upaya Peningkatan Motivasi Peserta Didik Kelas X-3 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Game Wordwall. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Volume 1, No. 2

Sukardiyono, Totok. 2015. Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karkteristik, Prinsip, dan Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta.

Suyanto, Slamet. 2016. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Classroom Action Research). Universitas Negeri Yogyakarta

Pamungkas, Zhenith Surya. dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Gunung Sugih Social Pedagogy: Journal of Social Science Education Volume 2, No. 2 Desember 2021

Putrianingsih, Sri. dkk. 2021. Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif Volume 7, No. 1 Februari 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.55-62

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id