ANALISIS TERHADAP PROSES BELAJAR DALAM MENGGUNAKAN KREATIF BERBAHASA PRODUKTIF

Robiyatul Adawiyah

Abstract


Terdapat dua keterampilan berbahasa di dalam Bahasa Indonesia yaitu keterampilan Bahasa resptif dan keterampilan berbahasa produktif. Fokus dari penelitian ini yaitu keterampilan berbahasa produktif yaitu berbicara. Materi yang dianalisis adalah Keterampilan berbicara ini mencakup berpidato atau berretorika, berbicara dengan teman sebaya dan guru atau dosen, berbicara tentang wawancara, berbicara sebagai pembawa acara, MC atau presenter. Tujuan dari penelitian ini adalah menjabarkan dan mendeskripsikan mengenai kegiatan mahasiswa dan hasil proses belajar mereka dikelas berbahasa produktif. Produk yang mereka hasilkan dari kelas ini adalah membuat teks pidato, berpidato didepan kelas, berbicara dengan teman sebaya, guru atau dosen, dan membuat teks wawancara, mewawancarai seseorang,dan yang terakhir menjadi seorang pembawa acara atau berita. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis yang ditemukan didalam keterampilan berbahasa produktif adalah masih terdapat beberapa mahasiswa masih kurang mampu dalam berbicara dengan gaya Bahasa yang sesuai, pemilihan Bahasa yang tepat dan penggunaan kata yang bagus. Walaupun beberapa mahasiswa sudah mampu berbahasa produktif sesuai materi yang telah diajarkan, tetapi penggunaan Bahasa gaul masih menjadi problema utama bagi mereka. Performa yang menarik, Intonasi dan nada yang sesuai didalam pembawa berita juga menajadi kekurangan mereka didalam pembawa acara.


Keywords


Analisis, kreatif, berbahasa produktif

Full Text:

PDF

References


Donna Destiana F. (2019). PERENCANAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI.

Eli Marlina Harahap, Nikmah Sari Hasibuan, & Nur Afifah Khatib Lubis. (2020). Pembinaan Keterampilan Berbicara Produktif Pada Nasyiatul Aisyiyah Ranting Batu Nadua Sitamiang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 375–378.

Herlina. (2017). Mengajar Berbicara Menggunakan Metode Wawancara Tiga Langkah di Semester Tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Wahana Didaktika, 15(3), 77–89.

Huda, K. (2022). Membangun Keterampilan Berbahasa Terstruktur Dan Produktif Yang Membangun Pikiran Dalam Pembelajaran. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.37730/edutrained.v6i1.162

Isnaniah. (2020). Membangun Keterampilan Bahasa sebagai Potensi Utama Kecerdasan Intelektual bagi Siswa SD Kelas Rendah. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.33654/sti.v5i1.977

Izzati, I. Q. N. (2019). Pengembangan Media Berbasis TI_Isti Qomah Nurul Izzati.

Luthfiyah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Reseptif Dan Ekspresif Bahasaanak Kelompok B Tk Dengan Berbagai Metode Yang Menarik. Instruksional, 2(2), 62. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.62-70

Maharani, D., Permata, T., Harahap, S. H., Negeri, U., Medan, K., Utara, P. S., & Maharani, D. (2024). Penerapan Keterampilan Bahasa Produktif : Bericara dan Menulis. 2(1), 278–282.

Mita, R. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 11, Issue 2, pp. 71–79).

Nasution, E. Y. P. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 44. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.217

Nisya, R. K., & Kusmayadi, I. (2022). Integrasi keterampilan membaca dan menulis dalam meningkatkan produktivitas karya tulis ilmiah pada mata kuliah bahasa indonesia. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2022 “Transformasi Pendidikan Di Era Super Smart Society 5.0,” 432–439.

Permatasari, H. D. (2020). Diksi dan Gaya Bahasa Pembawa Berita Redaksiana TRANS7 Hendryta Destria Permatasari. 1–12.

Pitoyo, A. (2020). PERBEDAAN KETERAMPILAN BERBAHASA PRODUKTIF MAHASISWA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN DAN INVESTIGASI KELOMPOK. 1–9.

Pujiastuti, A. U., Mizan, S., & Agustin, I. (2018). Analisis Kemampuan Bahasa Produktif dan Reseptif pada Siswa Tuna Rungu di SDN Inklusi Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat III, 3(1), 44–47.

Rachmawati, I. N. (2007). Data Collection in Qualitative Research: Interviews. Indonesian Journal of Nursing, 11(1), 35–40.

Raja Ritonga, Amhar Maulana Harahap, Junda Harahap, Robiyatul Adaiyah Lubis, R. H. (2023). Pendampingan Penda mpingan Guru Sekolah Penggerak d alam Rangka Pendokumentasian Sumber Belajar. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyaraka, 23(1), 78–91. https://doi.org/10.24036/sb.02470

Ritonga, R., Harahap, R., & Lubis, R. (2022). Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 995–1002. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8666/4636

Rizki Salam, M., & Umami UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, S. (2021). Teknik Presenter Dalam Membaca Berita (Gaya Bahasa Program Mata Najwa). 159–176.

Santoso, T., & Sabardila, A. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pidato Mahasiswa Magister Pengkajian Bahasa Universitas Muhammadiyah Surakarta Yang Memerankan Diri Menjadi Calon Kepala Daerah Kabupaten Blora. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2), 17–27. https://doi.org/10.23917/humaniora.v19i2.6043

Syamzah Ayuningrum. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Keterampilan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Kreatif Produktif Di Smk Islam Pb. Soedirman 1. Visipena Journal, 8(2), 351–372. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.418

Tantri, N. N. (2018). Pentingnya Keterampilan Berbahasa untuk Meningkatkan Softskill Umat Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i1.22

Ulfah, D., Umiasih, E., & Timur, J. (2022). Stimulasi Keterampilan Bahasa Reseptif Anak. Jurnal Tematik, 7.

Wijayanti, N. M. R. (2013). Artikel Peningkatan Keterampilan Berbicara ( Pidato ) Melalui Media Pemodelan Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas Xii Multimedia Smk Ti Bali Global Singaraja Oleh Ni Made Rina Wijayanti Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Univer. 1(5), 15.

Yolanda, I. D., & Alimin, A. A. (n.d.). Keterampilan Berbahasa Produktif Siswa SMP. Study Program of English Language Education, 139–151.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.63-68

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id