THE METHODS OF ENGLISH TEACHING AT TESP’S CLASS

Rosni Harahap

Abstract


Mata kuliah TESP (Mts, MA, dan SMK) adalah mata kuliah yang penting untuk dijarkan kepada mahasiwa program jurusan Pendidikan Bahasa Inggris karena akan terdapat banyak metode yang akan mereka pelajari dengan harapan kelak mereka mampu mengajarkan anak didiknya dengan baik.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan fenomena atau aktivitas yang sesungguhnya terjadi didalam kelas mata kuliah TESP. Ada banyak metode pembelajaran yang dipresentasikan mahasiswa baik secara berkelompok maupun secara individu. Semuanya dianalisis dan dijabarkan secara rinci. Metode diskriptif dipilih sebagai metode penelitian ini karena menjabarkan realita dikelas TESP. Semua mahasiswa berjumlah 20 orang disemester 3 tahun akademik 2023-2024. Berikut ini adalah metode yang berjumlah 13 metode; (1) Cooperative learning (2) Community Language Learning (CLL) (3) Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) (4) Reciprocal Teaching (5) Jigsaw (6) Audio Lingual (7) Problem Based Learning (8) Total Physical Response (9) Think Pair Share (10) Self Directed Method (11) Number Head Together (12) Constructivism dan (13) Student Team Achievement Division (STAD). Semua metode dijelaskan dan dijabarkan dibagian penjelasan penelitian ini.


Keywords


Metode- metode, Pembelajaran Bahasa Inggris, kelas TESP

Full Text:

PDF

References


Abdul, N. B., & Hijrah, H. (2013). the Use of Audio-Lingual Method in Teaching Listening Comprehension At the Second Year Students of Smk Yapip Makassar Sungguminasa. Exposure : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(2), 189. https://doi.org/10.26618/ejpbi.v2i2.787

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Ati, A., & Parmawati, A. (2022). the Use of Oral Presentation in Teaching English To Improve Students Speaking Skill. PROJECT (Professional Journal of English Education), 5(2), 300. https://doi.org/10.22460/project.v5i2.p300-305

Ayu Anastasha, D., & Adyna Movitaria, M. (2019). Constructivist Learning Approach to Improve Student Response and Outcomes Learning. 4th International Conference on Education, 73–78.

Darmawati. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES LAIKANG KOTA MAKASSAR. UNM.

Dewi Masitoh, Maria, R. (2015). Penggunaan Metode Tpr (Total Physical Response) Sebagai Upayameningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sdn Samirono Yogyakarta. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 0(1), 1–9.

Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Di SD/MI. Auladuna, 1(1), 27–35.

Harahap, R. (2017). IMPROVING THE STUDENTS’ BASIC GRAMMAR ABILITY BY MASTERING PERSONAL PRONOUN AT ELEVENTH GRADE STUDENTS OF MADRASAH ALIYAH DARUL MURSYIDI SIALOGO PADANGSIDIMPUAN. 6(1), 10–19.

Hartono, H., Mujiyanto, J., Fitriati, S. W., Sakhiyya, Z., Lotfie, M. M., & Maharani, M. M. (2023). English Presentation Self-efficacy Development of Indonesian ESP Students: The Effects of Individual versus Group Presentation Tasks. International Journal of Language Education, 7(3), 361–376. https://doi.org/10.26858/ijole.v7i3.34442

Isnaini, F., & Kurniawan, M. I. (2020). The Concept of STAD (Student Team Achievement Division) Cooperative Learning Model According to Robert E. Slavin. Indonesian Journal of Education Methods Development, 10, 1–8. https://doi.org/10.21070/ijemd.v10i.561

Kamil, A. N., & Soeryanto. (2015). Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share Pada Mata Diklat Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 3(3), 16–22.

Kosim, N., & Gusmiati, A. (2018). Implementasi Community Language Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 2(2), 122–132. https://doi.org/10.15575/jpba.v2i2.9560

Larasati, wikan putri. (2012). Meningkatkan Self Esteem Melalui Metode Self Instruction. Jurnal Psikologi, 1–105.

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial.Bandung: Refika Aditama, hal. 111. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102.

Meida Rabia Sihite, Yunita Mutiara Harahap, T. N. (2022). 2 & 3 1). 16(April), 170–185.

Murniati, C. T., Riyandari, A., Diasti, K. S., & Gunawan, D. (2023). The Reflective Essays of FLA Journey on Teaching , Research , and Community Service.

Nur Fitria, T. (2023). Teaching English for Specific Purposes (Esp): Teachers’ Role and Their Challenges. Journal of English Education and Literacy, 2(1), 54–70.

Nur Humaidah, N. S. (2016). Relevansi Penerapan Metode Audiolingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia. Arabia, 8(2), 306–326.

Nur Wahidah Pido, E. dewi. (2019). ENGLISH TEACHING METHOD APPLIED BY TEACHERS IN MTs NEGERI MODEL LIMBOTO A . INTRODUCTION English teaching-learning in junior or senior high schools in Indonesia has been done when Indonesia still in Dutch occupation . After Indonesia getting its freedom ,. Al-Lisan. Journal Bahasa & Pengajarannya ISSN, 4(1), 57–70.

Nurhasanah, S. (2015). The Use of Community Language Learning (CLL) Method to Increase the Students’ Participation in Classroom Conversation. Register Journal, 8(1), 81. https://doi.org/10.18326/rgt.v8i1.81-98

Prayekti, H., Haryadi, H., & Utomo, U. (2019). The Effect of Numbered Heads Together (NHT) Model Assisted with Audio Visual Media On The Learning Outcomes of Identifying Story Elements of Students Grade V. Journal of Primary Education, 8(2), 232–237.

Reski, D. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kleas V SD Inpres BTN.IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1).

Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M., & Harahap, R. (2022). Penguatan Kompetensi Sosial-Emosional Bagi Kepala Sekolah Penggerak Melalui Kegiatan Lokakarya. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 309–315.

Ritonga, R., Harahap, R., & Adawiyah, R. (2023). Pendampingan Pengawas Sekolah Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Dalam Melaksanakan Kegiatan Coaching. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 1–12.

Ritonga, R., Harahap, R., & Lubis, R. (2022). Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 995–1002. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8666/4636

Sally Ali. (2013). Arab World English Journal. Arab World English Journal, 4(3), 150–161.

Sayd, A. I. dkk. (2020). Implementasi Metode Total Physical Response (Tpr)Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Sekolah Dasar Inpres Liliba Kupang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 42.

Sitti Hadijah, Nur Sehang Thamrin, & Ernitasari Mulyadi. (2021). Problems Faced by the Students at Grade Eight of SMPN 14 Palu in Reading Recount Text. Jurnal Kolaboratif Sains, 4(7), 362–368. https://doi.org/10.56338/jks.v4i7.1933

Sulistyorini, N. E. (2020). Penerapan role play strategy dalam pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(2), 51–60.

Supriyadi, S. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115

Widiarti, P. W. (2017). Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa Smp Se Kota Yogyakarta. Informasi, 47(1), 135. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.99-105

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id