IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KEBERAGAMAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 KISARAN

Eka Nur Estetis, Khairun Nisa, Masdawani -

Abstract


Pendidikan dengan paradigma baru mengakomodasi keberagaman peserta didik.  Artinya, keberadaan siswa dengan karakteristik beragam bukan hanya diterima saja, namun juga harus menerima akomodasi atau penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan mereka. Salah satu prinsip yang menjadi dasar merancang desain pembelajaran yang mengakomodasi berbagai karakteristik siswa yang berbeda yakni pembelajaran diferensiasi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan McTaggart. Model  Kemmis dan McTaggart terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan dalam meningkatkan keaktifan siswa ini disebabkan oleh partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Mereka telah terbiasa dengan perbedaan dari setiap individunya, serta memiliki keberanian untuk mengajukan pertanyaan. Selain itu, peserta didik juga menunjukkan keberanian dalam berkomunikasi dan dengan percaya diri menyampaikan hasil tanggapan mereka. Hasil ini sejalan dengan pendapat  Pada siklus II, peserta didik juga diberi kesempatan untuk berdiskusi, terutama saat mereka menyampaikan secara langsung hasil teks tanggapan mereka. Secara keseluruhan, dari siklus I hingga siklus II, penguasaan keaktifan peserta didik pada setiap komponen cenderung mengalami peningkatan.


Keywords


berdiferensiasi; peserta didik; partisipasi

Full Text:

PDF

References


Desy Wahyuningsari. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 04.

Faiz, A. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14.

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Kemdikbud. (2021). Pembelajaran dan Asesmen.

Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Kurniawati, T., & Putri, N. A. R. (2023). Pemahaman Keberagaman Peserta Didik Berdasarkan Profil Peserta Didik Sebagai Upaya Pemenuhan Target Kurikulum Merdeka. Jurnal Ecogen, 6(2), 267. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14720

Lenda, K. (2023). Strategi Pembelajaran yang Efektif dalam Meningkatkan Minat dan Partisipasi Siswa dalam Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 49 Rejang Lebong. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(1).

Mahabbati, A., & Handoyo, R. R. (2023). Diferensiasi pembelajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.48-54

Article Metrics

Abstract view : 917 times
PDF - 752 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id