MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ETNOGRAFI

Mimi Rosadi, Ridwan Syahputra

Abstract


Model pembelajaran kontekstual (contextual teacheing and learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengethauan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai bahan pembelajarannya. Model pembelajaran ini akan berbasis project based learning dengan tujuan meningkatkan literasi etnografi. Tujuan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran ini akan dapat meningkatkan dan mengembangkan situasi dan kondisi pembelajaran khususnya dalam materi Bahasa Indonesia yang berbasis literasi etnografi. Peningkatan dan pengembangan literasi etnografi dalam penelitian ini akan diajarkan sesuai dengan model pembelajaran kontekstual (CTL). Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis project based learning untuk meningkatkan literasi etnografi.


Keywords


model pembelajaran; kontekstual; project based learning; literasi etnografi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014 Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung. PT Refika Aditama.

Amir, M Taufik. 2015. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.

Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hanafiah, Z. Dkk. 2009 Model-Model Pembelajaran. PT. Raja Grafindo

Persada. Depok.

Mulyasa. 2013. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ngalimun. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Rahmasari Riana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal pendidikan sekolah dasar universitas negeri Yogyakarta edisi 36.

Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu: Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015. Rustaman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Press.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda karya.

Susanti Prima, D. A. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas V SDN Purwasari III Kabupaten Karawang. (Hal 496).

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar.

Jakarta: Kencana.

Suwandi Yulis. 2015. Peningkatan Belajar IPA Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Volume 6 Edisi 1 (Hal 95).

Syafi’i, Moh. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meninkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD 1 Ngemplak Undaan Kudus. Volume 7, Nomor 2.

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

M.Hosnan. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 (kunci sukses Implementasi kurikulum 2013). Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i4.799-807

Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id