ANALISIS METHOD DALAM DEBAT “KENAKALAN ANAK SD” PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA

Anita Dewi Kurniasari, Atiqa Sabardila

Abstract


his article attempts to analyze the graduate student debate method in encouraging skills learning. The subject was a second year MPBI students at the Muhammadiyah University of Surakarta. Focuses on Analysis Methods of postgraduate student debates in learning skills. Data translated from the sentence transcript of the debate "Delinquency of Elementary Children". The technique of collecting data uses the recording technique and the note taking technique. The method used is descriptive qualitative, namely research by describing transcription using descriptive data analysis. The results showed five aspects; 1) Moderators are able to be good opening arguments to start the discussion process. 2) The delivered criticism is able to show good thinking skills and also measurable. 3) Ideas that are conveyed by understanding the topics that can be conveyed clearly. 4) Priority scale can be seen through the discussion of the conveyance which is clearly and structured. 5) Time allocation is less than 30 minutes. In general, the closing remarks on the elementary school delinquency debate have not shown a solution.


Keywords


Language, Preparation Skills, Debate

Full Text:

PDF

References


Arif Muhammad. (2016). Peningkatan Kemampuan Bertanya melalui Metode Debat Aktif Siswa Kelas Viii D Smp N 2 Banguntapan Bantul. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(5), 63-73.

Azika & Besse. (2019). Penerapan Metode Debat dan Model Artikulasi untuk Melihat Per-bandingan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI SMK Negeri Palopo. Jurnal Umbuton, 5(2), 39-44.

Dwi & Ummu. (2014). Peningkatan Kualitas ¬Pembelajaran Berbicara dengan Metode Kooperat-if dengan Teknik DESSI pada Siswa SMAN di Klaten. Jurnal Profesi Pendidik, 1(1), 64-87.

Emidar & Succy (2019). Gaya Bahasa Retoris dan Kiasan Najwa Shihab dalam Gelar Wicara Mata Najwa di Trans7. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Indonesia, 8(3), 408-414

Endang, dkk (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Debat dengan Metode Role Playing pa-da Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Diglosia, 1(2), 65-74.

Fuad, dkk (2015). Aspek Kebahasaan Jokowi pada Debat Calon Presiden dan Kegunaannya da-lam Pembelajaran. Jurnal Kata, 3(2), 1-12.

Galang Surya Gemilang (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling. 2(2), 144-159.

Hadi Mulyono. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Inisiasi Debat pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia . Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 412-416.

Hawa. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD 116 Enrekang Melalui Metode Debat. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 113-119.

Heni & Nunung (2011). Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi pada Pembelajaran Ket-erampilan Berbicara Kritis dengan menggunakan Metode Debat Konfrontatif. Jurnal Pen-didikan, 12(2), 75-79.

Henurawan, F (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Psikologi. Surabaya: Komisi Pen-ingkatan Kinerja Masyarakat (KPKM) Universitas Airlangga.

Lalita Melasarianti (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Debat Plus pada Mata Kuliah Berbicara. Jurnal Ilmiah Lingua Idea, 9(1), 1-28.

Muhammad Iqbal. (2018). Penggunaan Metode Mim- Mem untuk Mengembangkan Keterampi-lan Berbicara. Jurnal AL Mi’yar, 1(2), 113-131.

Ni’ma Zainudin. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Metode Debat pada Siswa Kelas V SD 09 Mattekko Kecematan Bara Kota Palopo. Jurnal PiJLES, 1(2), 139-150.

Pudjantoro, Petir. 2015. Penerapan Metode Debat Guna Mengembangkan Sikap Kritis dan Ket-erampilan Berargumentasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganega-raan, Th. 28, Nomor 2, Agustus 2015.

Sulastri, dkk (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik pada Mahasiswa Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Pendidikan Baha-sa. 7(1), 49-52.

Suyanu,dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Metode Debat Siswa Kelas X Ma Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 1(2), 94-99.

Sudaryanto. (2015). Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press

Tambunan, Pandapotan. (2018). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i1.24-31

Article Metrics

Abstract view : 563 times
PDF - 368 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id