Pengaruh Model Pembelajaran AIR ( Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ekspalansi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 45 Medan

Windy Glorya Margareth Panjaitan, Frinawaty Lestarina Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Medan. dalam penelitian ini populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 191 siswa, dengan total 64 sampel penelitian yang terbagi menjadi 32 siswa untuk kelas kontrol dan 32 untuk kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan design penelitian two group post-test. Hasil dari penelitian ini serta kesimpulan yang di dapat adalah adanya peningkatan hasil menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran AIR. Pada kelas kontrol dengan model konvensional nilai yang diperoleh berada pada klasifikasi cukup dengan nilai rata-rata 65,46. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan hasil menulis teks eksplanasi siswa belum dapat memenuhi kriteria ketuntatasan minimal yang telah ditentukan pihak sekolah yaitu 75. Sedangkan, kemampuan siswa kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dalam menulis teks eksplanasi berada pada klasifikasi baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 78, Hal tersebut membuktikan bahwa dengan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis teks eksplanasi yang dibuktikan dengan tercapai nya nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan dari pihak sekolah yaitu 75. Hal tersebut juga dapat dibuktikan dengan hasil uji thitung yang diuji adalah 6,50 dan ttabel sebesar 1,69, hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian atau Ha diterima karena thitung (6,50) > ttabel (1,69). Model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Medan.

Keywords


Pengaruh ; AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) ; Teks Eksplanasi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad H. P, Alek. 2016. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi: Substansi Kajian dan Penerapannya, Jakarta: Erlangga, cet. ke-1, h. 62.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo

Faridatul,Komairah.2018. Pengaruh Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI Smk Negeri 5 Mataram. Jurnal FKIP Universitas Negeri Mataram

Lubis, Joharis. 2020. Administrasi Dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Nurhalim, Erwin. 2020. Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas VII Mts Miftahusalam Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jurnal mahasiswa umsu

Oktavia, Laras. 2019. Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap

Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII Smpn 14 Tangerang Selatan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta

Pratama, Hans. 2019. Pengaruh Model Audiotory, Intellectualy, dan Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ekposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Silau Kahean Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Univeristas HKBP Nommensen Medan

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana. Cepi. 2009 Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan,

Pemanfaatan dan penilaian. Bandung : CV Wacana Prima

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Yadi Mulyadi, dkk, 2018. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-MTS Kelas VIII, Bandung: Yrama Widya, cet. ke-2, h. 125-126.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i4.745-751

Article Metrics

Abstract view : 508 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id