PENGARUH PEMAHAMAN DAN LITERASI TERKAIT KREDIT USAHA TANI TERHADAP PENINGKATAN KEEFEKTIFAN KELOMPOK TANI DESA SAM BIREJO

Rusyda Nazhirah Yunus, Bambang Surya, Adji Syahputra, Cellya

Abstract


Kurangnya pemahaman dan kemampuan literasi dengan baik menjadi faktor pemicu terjadinya pengucilan dalam akses keuangan. Individu dalam masyarakat kurang memiliki pengetahuan yang memadai untuk mengakses pendanaan dari institusi finansial. contohnya melalui kredit usaha tani. hari tua. Desa sambirejo, kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat memiliki potensi pertanian yang baik. Luas lahan pertanian berkisar sekitar 0,4 ha per Kartu Keluarga di Desa Sambirejo. Komoditas pertanian yang menjadi unggulan adalah tanaman pangan (padi) dan sawit . Pemahaman dan Literasi keuangan sangat mendukung kegiatan usaha tani yang dilakukan masyarakat agar dapat terus melakukan perkembangan terkait program usaha tani tersebut. Dengan pemahaman dan tingkat literasi keuangan yang dimiliki dalam mengelola dana di lingkungan masyarakat, kita dapat mengevaluasi apakah pengelolaan dana di desa sudah optimal melalui edukasi keuangan yang diberikan. Oleh karena itu, penting bagi semua anggota masyarakat desa, termasuk petani dan individu lainnya, untuk menerapkan pemahaman dan literasi keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman terkait kredit usaha tani terhadap peningkatan keefektifan kelompok tani Desa Sambirejo, kemudian untuk mengetahui pengaruh literasi terkait kredit usaha tani terhadap peningkatan keefektifan kelompok tani Desa Sambirejo. Penelitian ini menggunakan metode peneltiian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa Pemahaman secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keefektifan usaha tani. Literasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keefektifan usaha tani.


Keywords


Pemahaman, Literasi, Keefektifan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Alfian N Anshori, & Ahsan Asjhari. 2015. Hubungan Literasi Keuangan Dengan Perubahan Kesejahteraan Masyarakat Pasca Pemberian Ganti Kerugian Tanah Untuk Pembangunan Jalan Tol di Desa Bongaswetan Kabupaten Majalengka. Jurnal Sosek Pekerjaan Umum, 7(1).

Aribawa, D. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangusungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1)

Cresswell, John.W,2009 ResearchDesign; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.Singapore: SAGE,

Fuad A Fattah, Mintasih Indriayu, & Sunarto. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammdiyah 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1).

Kisnawati, B., Irianto, & Siswandi, H. 2019. Pengendalian Intern Dan Partisispasi Masyarakat Dalam Mengurangi Kecenderungan Pengelolaan Dana di Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah. Valid Jurnal Ilmiah, 16(1)

Lusardi, A. 2012. Numeracy, finansial literacy, and finansial decision- making (No. 17821). National Bureau of Economic Research..

Meutia, I., & Liliana. 2017. Pengelolaan Keuangan Dana Desa. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 8(2).

Purwantoro, N. 2017. Portfolio Choice Problem. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Rona. (2014). Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa Disertai dengan Penjelasannya. Surabaya: Solusi Distribusi.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Van Rooij M.C.J., A., Alessie R.J.M. 2012. Finansial Literacy, Retirement Planning and Household Wealdth. The Economi Journal 122 (560) conference papers; 449-478




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i3.561-568

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id