KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KATA KETERANGAN WAKTU “LIKE” DAN “MASHANG” OLEH SISWA KELAS VI SD SEKOLAH BANGUN INSAN MANDIRI(BIM)

Dewi Kartika Tjong, Servanus Dharmawan Putra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan siswa kelas 6 SD BIM dalam menggunakan kata keterangan Waktu “Like” dan “Mashang” dan menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian menggunakan rancangan penelitian integratif, di mana metode penelitian deskriptif kuantitatif digabungkan dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu 35 siswa Kelas 6 BIM dan subjek penelitian dengan teknik Purposive Sampling yaitu 3 siswa kelompok atas (nilai paling atas) dan 3 siswa kelompok bawah (nilai paling bawah). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan siswa Kelas 6 SD tergolong Cukup dengan nilai rata-rata 71. Nilai yang paling sering muncul (modus) adalah 70, nilai tengah (median) adalah 70 dan standar deviasi adalah 16. Di samping itu, terdapat 6 orang (17,2%) yang dikategorikan sangat tinggi, terdapat 2 orang (5,8%) yang dikategorikan tinggi, terdapat 13 orang (37,2%) yang dikategorikan cukup, terdapat 14 orang (40,1%) yang dikategorikan rendah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa BIM dalam memahami dan menggunakan kata keterangan waktu “like” dan “mashang” adalah faktor motivasi, faktor penyajian formal dan faktor lingkungan.


Keywords


Kemampuan Menggunakan, Faktor Penyebab, Kata Keterangan waku “Like” dan “Mashang”

Full Text:

PDF

References


Agustina. 2014. Kemampuan Penggunan kata Negasi “Bu” dan “Mei” oleh siswa siswi SMA. Dr. Wahidin Sudirohusodo. Medan: Skripsi STBA-PIA.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2015. Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Bao, L.Y. 2012. Er Yu Xide Yanjiu Fangfa. Beijing: Yuwen Chubanshe.

Chaer, A. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chunming, Jiang. 2015. “Dùnshí、Lìkè、Mashang” bijiao fenxi ji qi shijian fuci zai duiwai hanyu jiaoxue de zhidao. Shanghai Shifan Daxue.

Coulter, Robbins. 2004. Manajemen, Edisi Ketujuh, Edisi Indonesia, Jilid Kesatu. Jakarta : PT. indeks group Medan

Elly. 2017. Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan Waktu “Dùnshí” dan “Lìkè”oleh Mahasiswa STBA-PIA Semester IV T.A. 2016/2017. Medan: Skripsi STBA-PIA.

Ferra. 2019. Kemampuan Penggunaan Kata Benda “Benshi” dan “Benling” pada Mahasiswa STBA-PIA Semester IV T.A. 2018/2019. Medan: Skripsi STBA-PIA.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara

Huang dan Liao. 2007. Xiandai hanyu (xiace). Beijing: Gao Deng Jiao Yu Chubanshe.

Huang, B.R. dan Liao X.D. 2017 Xiandai Hanyu (xiace). Beijing : Gaodeng Jiaoyu Chubanshe

Li, D.J dan Cheng,M.Z. 2008. Waiguo Ren Shiyong Hanyu Yufa. Beijing: Beijing Yuyan Daxue.

Li, D.J. dan Jin, D.H. 2010. Hanyu Yufa Jiaoxue. Beijing: Beijing Yuyan Daxue Chubanshe.

Pelly, S. 2017. Kemampuan Penggunaan Kata Kerja “yao”, “xiang” dan “yuanyi” pada Mahasiswa STBA-PIA Semester II T.A 2016/2017. Medan: Skripsi STBA-PIA.

Robert Kreitner, 2005. Kemampuan Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Riduwan. 2010. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta

Shi,C.H.2011. Hanyu Jiben Zhishi Yufa Pian basics of Chinese Language. Beijing : Bei Jing Yu Yan Wen Hua Ta Xue Chu Ban She

Soelaiman, 2007, Manajemen Kinerja ; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja, Cetakan Kedua, Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama.

Sinurat, H. 2011. Analisis Kontrastif kata Keterangan Waktu dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin. Medan: Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Silvia. 2019. Kemampuan Menggunakan Kata Keterangan “Gankuai” dan “Ganmang” oleh Mahasiswa Semester IV STBA-PIA. Medan: Skripsi STBA-PIA.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V.W. 2014. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suparto. 2003. Tata Bahasa Mandarin Itu Mudah. Jakarta: Puspa Swara.

Sutanty, Selly. 2021. Kesalahan Penggunaan Kata Kerja “Ganjue”dan “Gandao” pada Mahasiswa Semester IV STBA-PIA Medan T.A. 2020/2021. Medan : Skripsi STBA-PIA

Trijono, R. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Depok: Papas Sinar Sinanti.

Verra. 2014. Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan Waktu “Mashang” dan “Lìkè”oleh Mahasiswa STBA-PIA. Medan: Skripsi STBA-PIA.

Wang,H. 2005. Hanyu Jinyicidian. Beijing: Beijing Language And Culture University Press.

Xia, Q. Shilun Xiandai Hanyu Shijian Fuci de Xingzhi Ji Fenxi. Yuyan Yu Fanyu (Hanyu), 2010.

Yang Zhenglin. 2010. Shijian Fuci “Dùnshí” de Duo Jiaodu Fenxi. Guangzhou: Sun Yat-Sen University.

Yanti. 2018. Kemampuan Mahasiswa STBA-PIA Medan Semester IV T.A 2017/2018 dalam Menggunakan Kata Keterangan “Tongchang” dan “Changchang”. Medan: Skripsi STBA-PIA.

Zhao, Y. X. 2005. Intisari Tata Bahasa Mandarin. Bandung: Rekayasa Sains




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i4.728-734

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id