ANALISIS GAYA BAHASA DALAM MENULIS PUISI BEBAS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

Winda Kholila, Dr.Husniah Ramadhani Pulungan, S.Pd., M.Hum., Devinna Riskiana Aritonang, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa dalam menulis puisi bebas peserta didik kelas X di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Metode penelitian ini merupakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu: guru, peserta didik kelas X MIA 6 yang berjumlah 35 peserta didik, dan terakhir adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, membagikan lembar soal prapenelitian, membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis yaitu dengan membaca, menerjemahkan makna puisi, dan menganalisis jenis gaya bahasa yang digunakan oleh peserta didik dalam menulis puisi bebas. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat lima jenis gaya bahasa yang muncul sebanyak 92 kali penggunaannya oleh peserta didik, di antaranya: simile, metafora, personifikasi, satire, dan hiperbola. Hiperbola menjadi gaya bahasa yang paling dominan muncul pada puisi bebas peserta didik. Karakteristik tema yang paling banyak digunakan adalah tema perasaan.


Keywords


Gaya Bahasa, Menulis, Puisi Bebas.

Full Text:

PDF

References


Altenbern. 2009. Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Azis, M. 2022. Pembelajaran Menulis Puisi Berorientasi pada Gaya Bahasa Personifikasi dengan Menggunakan Metode Sugesti-Imajinasi pada Peserta Didik Kelas X. Wistara, 5(1). Retrieved from https://journal.unpas.ac.id diakses pada Kamis, 2 Februari 2023 pukul 13. 51 WIB.

Dewi, Risna Fitria, dkk. 2020. Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasirkuda. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(2). Retrieved from https://jurnal.unsur.ac.id diakses pada Kamis, 2 Februari 2023 pukul 13.26 WIB.

Hasanah, Dian Uswatun, dkk. 2019. Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara diakses pada Kamis, 2 Februari 2023 pukul 13.17 WIB.

Henilia, Henilia. 2022. Analisis Penggunaan Gaya Bahasa dalam Sebuah Puisi. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol, 5(1). Retrieved from https://jurnal.polgan.ac.id diakses pada Kamis, 2 Februari 2023 pukul 13.43 WIB.

Rachmadani. 2017. Analisis Penggunaan gaya Bahasa pada Puisi Karya Siswa SMA di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sahrang, Lisa Syari, dkk. 2021. Pengaruh Penguasaan Diksi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bugis Siswa Kelas X IPA II SMA Negeri 9 Wajo. Jurnal Bahasa dan Sastra Daerah Serta Pembelajarannya, 2(2). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id diakses pada Kamis, 2 Februari 2023 pukul 13.33 WIB.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Grundhawaca.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i4.695-704

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF - 350 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id