NUMERALS' SCOPE FOR THE NON EFL LEARNERS

Rosni Harahap, Robiyatul Adawiyah, Nurul Khoiron Pasari

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca, bagaimana numeral diajarkan pada mahasiswa PKN semester II di Universitas Graha Nusantara yang berjumlah 15 mahasiswa.  Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis numeral yang diajarkan kepada mahasiswa ada dua yaitu bilangan cardinal dan ordinal. Setelah dua jenis bilangan ini diajarkan selama satu semester, mereka sangat bahagia setelah belajar numeral. Hasil nya dapat dilihat dari kondisi mereka melakukan praktek conversation dikelas dan terlihat juga dari hasil tulisan mereka. Sekarang mereka bisa menulis tanggal dengan benar, menulis jumlah uang dalam Bahasa Inggris dengan benar dan menghitung uang dengan tepat. Realita hasil yang didapat dilapangan, masih ada beberapa siswa masih kesusahan membedakan bilangan cardinal dan bilangan ordinal. Para siswa juga memiliki kesusahan didalam mengucapkan bilangan ordinal. Bilangan cardinal jauh lebih mudah diucapkan.


Keywords


Ruang lingkup bilangan, mahasiswa non- Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Irwanto, Ahmad Sofi (2012). The Effectiveness of Music Performance to Teach English Cardinal and Ordinal Number, IAIN Walisongo

Harahap, R (2017). Designing English Reading Materials For Extracurricular Program in Islamic Junior High School, UGN. Vol 2 No 2. MEI- Agustus 2017

Husain N et al, (2023). Pengajaran English Numeral Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Visual Number Tracing Worksheet. Universitas Negeri Gorontalo, JOONG-KI, Vol 2, No.2. Mei 2023

Lei, Margaret (2019). The Acquisition of Cardinal and Ordinal Numbers in Cantonese. ISSN 1080-692X, ISBN 978-1-57473-096-8. Vol 2

Loka, Ita (2021). Pengembangan Video Pengenalan Bilangan Kardinal dan Ordinal 1 sampai dengan 10 untuk Anak Usia (4-5) Tahun di Desa Arisan Buntal Kayuagung. FKIP Universitas Sriwijaya

Schindler, Ralf-Dieter (2014). Set theory : exploring independence and truth. Universitext. Cham: Springer-Verlag. doi:10.1007/978-3-319-06725-4. ISBN 978-3-319-06725-4 (https://en.wikipedia.org/wiki/Cardinal_number)

Skwarchuk, Sheri-Lynn (2022) Children’s Acquisition of the English Cardinal Number Words; A Special Case of Vocabulary Development. Journal of Education Physiology. The University of Winnipeg

Suyanto, K. K.E. (2007). English for Young Learners: Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara

Prasetyo, J. (2016). Pembelajaran Media Visual Bahasa Inggris untuk Anak-anak Paud/TK di Surakarta. Jurnal Acintya: Pendidikan, Seni dan dan Budaya

Pulukadang W T, Rahmat Abdul (2011) “Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Materi Numbers Melalui Metode Talking Stick di Kelas I SDN 11 Limboto Barat”

Zaimatun (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Ordinal Number Dengan Menggunakan Bola- Bola Hypnotist Dalam 5M. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar. Vol 5, No 3 November 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i4.690-694

Article Metrics

Abstract view : 394 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id