MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GROUP TOURNAMENT

Ervina Ervina Annisa

Abstract


The use of Team Game Tournament learning model in the classroom is still rarely used in classes in Indonesia. However, this Classroom Action Research shows an increase in each cycle that occurs when conducting research. The purpose of this study was to determine the impact of using the TGT (Team Group Tournament) learning model to improve students' writing learning outcomes in English lessons.


Full Text:

PDF

References


Aam Ali Rahman, Anggi Setia Lengkana, A.A. (2021) ‘Pembekalan dan Implementasi Pembelajaran Abad 21 bagi Guru Bahasa Inggris SMP Kabupaten Sumedang’, Jurnal Widya Laksana, 10(2), pp. 202–210.

Abdurrahman Mulyono.1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ambo Enre, Fachruddin. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP Ujung Pandang.

Aminah, S. (2018) ‘Implementasi Model Addie pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (StudiKasus pada SMP Negeri 8 Pagaralam)’, Jurnal Ilmiah Betrik, 09(03), pp. 152–162

Asma, Nur. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen. Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. B. Uno, Hamzah. (2008).

Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hakim, A. 1993. Karangan Deskripsi. Bandung: Angkasa.

Ibrahim, M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Kosasih, E. (2006). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Lamuddin. 2008. Komposisi Bahasa IndonesiaEdisi Ketiga. Jakarta:Diksi. Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI. Holid, Anwar.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Murni,Wahid dkk., Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera, 2010

Paket Pelatihan Kepala Sekolah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, 2011. Diakses dari http://inovasipendidikan.net/ppks/P aket%20Pelatihan%20Kepala%20S ekolah%20(Standar%20Kompetensi )

Rinna Prasetyawati, Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).... Jurnal Mitra Indonesia : Jurnal Pendidikan, Sosial, Humaniora, dan Kesehatan Volume 1, Nomor 2, November 2022 (Halaman 107-111 )

Rosmita Ambarita, J.Y.H. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Teks Berbahasa Inggris’, Jurnal Akrab Juara, 3(3).

Sabarti Akhadiah, dkk. (2001). Menulis I. Buku Materi Pokok. Jakarta: Pusat. Penerbit Universitas Terbuka . Semi Atar. (2003). Menulis Efektif.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Diakses dari http://bsnp-indonesia.org/id/bsnp/wp-content/uploads/2013/06/Salinan-Permendikbud-No.-69-th-2013-ttg-ttg-KD-dan-Struktur-Kurikulum-SMA-MA.zip

Slavin, Robert E. (2005). Coopetaive Learning Teori, Riset dan Praktik (terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Soedjito & Saryono, D. (2011) Kosakata Bahasa Indonesia. Malang : Aditya Media Publishing

Stevani, H., Andriani, R. and Fjriani, F. (2019) ‘Analisis Kondisi Psikologis Siswa Dan Implikasinya Terhadap Program Bimbingan Dan Konseling’, Enlighten: JUrnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), pp. 62–67

Sudjana,Nana,1989.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar,Bandung:Sinar Baru Algesindo Offset.

Susanti, R.E. (2020) ‘Peningkatan Kemampuan Mengingat Kosakata Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments ( TGT ) Berbasis Karuta Calis’, ANUVA, 4(4), pp. 543–559.

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i4.664-679

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id